Harga emas terus mendapatkan tekanan dalam beberapa waktu terakhir, dan kini nampak telah menjumpai kembali harga dibawah $1900. Secara teknis, banyak sekali ruang yang membuka peluang harga emas bergerak lebih rendah dalam jangka pendek ini.

Dalam kerangka waktu mingguan menunjukkan aksi harga baru-baru ini dapat turun pada level support dari $1.898, ruang grafik berbagi level yang erat dengan level resistensi-berubah-dukungan yang menurun yang diambil dari posisi tertinggi $2.070. Menambahkan bobot pada penurunan ke level support ini adalah pergerakan sederhana 200 hari (SMA 200) dalam kerangka waktu harian rata-rata di $1.902. Nilai dinamis ini, selain digunakan untuk identifikasi tren turun saat ini, juga menunjukkan tren secara seseluruhan tetap naik dalam jangka panjang.

Seringkali penurunan justru memberikan dukungan dan penolakan saat diuji oleh sejumlah pedagang dan investor dengan menggunakan teknik trading Mean Reverse Strategy. Ini sebuah strategi dengan menggunakan rata-rata gerak balik, yakni mencoba untuk menangkap keuntungan karena harga kembali ke tingkat yang lebih normal, atau rata-rata. Pun demikian, ingatlah bahwa saat harga naik jauh dari rata-rata tentu tidak serta-merta dapat menunjukkan bahwa harga akan jatuh segera.

Dalam kinerja per jam, level support terlihat di sekitar $ 1.900, harga psikologis yang sejalan dengan SMA 200 harian pula dan dimana support minguain dan harian ada di 1.898 dan $1.895. Tekanan turun melambat dari dua garis konvergen menurun yang ditarik dari $1.972 dan $1.943 untuk membentuk apa yang disebut sebagai pola irisan jatuh: sehingga membuka potensi formasi pembalikan arah perdagangan menjadi bullish.

Dari kerangka per jam, setelah di tarik mundur dari $1.900 akan melihat harga saat ini berusaha menembus batas atas dari formasi bajik (Wedge) jatuh. Penutupan di luar sini, selain menjadi level support yang terlihat pada kerangka waktu mingguan dan harian, akan dapat dianggap sebagai sinyal bullish—setidaknya dalam jangka pendek—dan berpotensi melihat logam mulia menuju ke resisten harian di $1.919.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini