Emas

Emas sekarang tampaknya telah memasuki fase konsolidasi bullish dan terlihat berosilasi dalam rentang perdagangan yang sempit, tepat di bawah level tertinggi satu minggu sepanjang awal sesi Eropa. Karena investor mencerna lonjakan harga konsumen AS, rebound yang baik dalam imbal hasil obligasi Treasury AS membantu mengurangi tekanan bearish di sekitar dolar AS. Ini, pada gilirannya, dilihat sebagai faktor kunci yang bertindak sebagai angin sakal untuk komoditas berdenominasi dolar.

Terlepas dari ini, prospek kenaikan suku bunga Fed pada bulan Maret 2022 menahan minat beli untuk menempatkan posisi baru di sekitar data yang tidak memberikan imbal hasil. Data yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan bahwa angka CPI AS melonjak ke level tertinggi sejak Juni 1982 dan CPI inti mencatat kenaikan terbesar sejak 1991. Laporan tersebut memperkuat perlunya kenaikan suku bunga yang lebih cepat, meskipun tidak dianggap cukup mengkhawatirkan untuk mengubah pandangan kebijakan Fed yang hawkish.

Selain itu, emas, yang dianggap sebagai lindung nilai terhadap kenaikan harga, dapat lebih diuntungkan dari inflasi yang sangat tinggi. Ini, bersama dengan suasana pasar yang hati-hati, akan membantu membatasi penurunan harga emas sebagai asset safe-haven. Oleh karena itu, setiap penurunan harga dapat berarti menjadi sebuah peluang untuk mengambil posisi beli dan tetap terbatasi, setidaknya untuk saat ini. Namun demikian, untuk saat ini XAU/USD tampaknya telah menghentikan kenaikan beruntunnya selama empat hari berturut-turut.

Pelaku pasar sekarang menantikan kalender ekonomi AS, yang menampilkan rilis Indeks Harga Produsen (PPI) dan Klaim Pengangguran Awal Mingguan seperti biasa. Ini, bersama dengan kesaksian Wakil Gubernur Fed Lael Brainard tentang pencalonannya sebagai Wakil Ketua. Peristiwa ini dianggap bisa mempengaruhi Dolar AS nanti selama awal sesi perdagangan Amerika. Pedagang juga akan mengambil isyarat dari sentimen risiko pasar yang lebih luas untuk beberapa peluang jangka pendek di sekitar harga emas.

Secara teknis, kenaikan yang terjadi baru-baru ini selama sekitar satu minggu terakhir terhenti tepat di depan zona pasokan $1.830-32. Resistensi yang disebutkan sekarang harus bertindak sebagai titik penting bagi pedagang jangka pendek, yang jika diselesaikan dengan tegas akan mengatur panggung untuk keuntungan tambahan. Emas kemudian dapat mempercepat momentum ke rintangan relevan berikutnya di dekat wilayah $1,848-50. Lintasan ke atas selanjutnya dapat diperpanjang menuju area $1,869-70 dalam perjalanan ke zona $1,877, atau tertinggi multi-bulan yang disentuh pada pertengahan November.

Di sisi lain, support langsung dipatok di sekitar zona horizontal $1,815-12. Penurunan lebih lanjut kemungkinan akan diterima dan tetap terbatas di dekat angka bulat $1.800. Beberapa tindak lanjut penjualan dapat menyeret emas menuju support yang ditandai oleh garis tren miring ke atas yang memanjang dari swing low di bulan Agustus 2021, saat ini di sekitar wilayah $1.785. Penembusan meyakinkan di bawah ini akan dilihat sebagai pemicu baru bagi pedagang bearish dan membuka jalan bagi kerugian yang lebih dalam, mungkin menuju swing low Desember, di sekitar wilayah $1.753.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here