Dalam sepekan kemarin, perdagangan di bursa saham cukup semarak. Indek S&P 500 bahkan mampu menutup kinerja sepekan dengan catatan naik 2,55%. Saham perdagangan favorit semua orang, Tesla mengalami minggu yang luar biasa hingga hari Jumat ketika turun 5% dan menyelesaikan minggu ini hanya naik 2,69%.

Sebaliknya, dalam sepekan mendatang diyakini akan cukup lambat. Sepinya rilis dan laporan pendapatan membuat pasar harus lebih hati-hati. Setidaknya ada sejumlah hal yang perlu mendapatkan perhatian dalam perdagangan di bursa selama sepekan mendatang.

Sama seperti beberapa minggu terakhir, pertama-tama hal yang perlu mendapat perhatian pasar adalah laporan pendapatan emiten yang masih menjadi sentiment terdepan di pasar. Meskipun banyak nama terpopuler telah diumumkan, tetap penting untuk memperhatikan nama apa pun yang Anda miliki dalam portofolio Anda. Ada beberapa perusahaan populer yang akan melaporkan minggu ini, Pertama pada hari Selasa kami memiliki emiten Zscaler dan Gitlab. Rabu setelah penutupan perdagangan akan dilakukan paparan oleh Gamestop. Laporan-laporan ini cukup diperdagangkan sejak stok meme mania sebelum dan selama Covid. Kamis kita punya Docusign dan Rh yang akan melaporkan setelah jam kerja dan akhirnya pada hari Jumat, aka nada paparan dari Kroger sebelum bel pembukaan perdagangan. Rilis Kroger dapat memberikan beberapa wawasan mengenai perekonomian secara keseluruhan karena ini adalah jaringan toko grosir dan sering kali mengalami perubahan pengeluaran yang paling cepat.

Pada perdagangan di hari Senin, bursa saham diyakini akan lebih datar mengingat libur Hari Buruh di Amerika Serikat dan Kanada. Volume perdagangan yang rendah diikuti dengan likuiditas yang sedikit membuat volatilitas menjadi kecil. Peringatan hari buruh ini sekaligus menandai berakhirnya perdagangan di musin panas yang biasanya dikaitkan dengan volume perdagangan yang rendah. Pergantian musim ini diharapkan dapat mendorong kenaikan perdagangan pula.

Dalam minggu ini, sejumlah kalender penting akan menjadi perhatian pasar, diantaranya adalah angka PMI di sektor jasa Amerika Serikat oleh ISM yang akan dirilis pada hari Rabu pukul 10 pagi waktu setempat. Terdapat beberapa ekspansi yang solid di sektor jasa sejak COVID-19 secara resmi dinyatakan berakhir, dan sektor ini merupakan sektor yang mengalami peningkatan tercepat dalam perekrutan tenaga kerja. Jika ekspansi ini terus berlanjut, kita akan melihat pasar menguat karena perluasan lapangan kerja yang berkelanjutan di sektor jasa. Namun jika ada yang meleset, mungkin saja kita akan melihat beberapa volatilitas di pasar.

Berpegang pada tema ketenagakerjaan, pada hari Kamis akan dirilis angka klaim pengangguran untuk minggu ini pada pukul 8:30 pagi waktu setempat. Dengan beberapa rilis data yang beragam pada minggu lalu, mengamati bagaimana angka-angka ketenagakerjaan ini keluar dapat berdampak pada bagaimana The Fed melanjutkan pertemuan bulanannya menjelang akhir September. Diperkirakan akan terjadi kenaikan angka klaim ini mengingat terjadi perlambatan perekonomian. Namun demikian, bacaan yang demikian ini, dimana klaim bisa lebih tinggi dari perkiraan, akan dibaca secara positif oleh pasar. Hal ini karena itu dapat menjadi alasan bagi bank sentral untuk tidak menaikkan suku bunga kembali.

Sementara itu, Covid disinyalir telah muncul kembali dalam sejumlah pemberitaan. Ada beberapa lokasi di AS yang akan kembali ke mandatnya dan Pemerintah Federal telah membuat pernyataan dalam beberapa minggu terakhir tentang kemungkinan vaksin yang didanai pemerintah federal akan diwajibkan untuk negara tersebut. Apa pun pendapat Anda mengenai gagasan tersebut, tetap penting untuk memperhatikan reaksi terhadap berita tentang Covid. Jika karena alasan tertentu membuat pemerintah harus kembali melakukan lockdown atau pembatasan, mungkin saja pasar akan bereaksi keras terhadap hal ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini