Anak-anak SD Perguruan Cikini menerima Masker Han dari Polytron Peduli pada Jumat (22/09/2023). (Herman Effendi/Eksposisi)

Eksposisi News, Jakarta – Memburuknya kualitas udara sebagai akibat polusi telah menjadi tantangan dewasa ini. Dalam beberapa waktu terakhir, kualitas udara di Jakarta termasuk ke dalam kategori tidak sehat. Buruknya kualitas udara ini dapat mengancam kesehatan masyarakat jika tidak segera ditangani lebih lanjut. Tentu saja pemerintah telah mengambil sejumlah upaya untuk menangani polusi udara yang semakin parah.

Jakarta, sebagai sebuah kota yang penuh dengan kehidupan dan dinamika, telah menghadapi dampak negatif dari kualitas udara yang buruk. Proses urbanisasi yang cepat, peningkatan emisi kendaraan, aktivitas industri, dan faktor geografis telah menyebabkan peningkatan tingkat polusi udara, yang menjadi ancaman serius bagi kesehatan dan kesejahteraan penduduknya. Masalah ini menjadi lebih penting ketika kita mempertimbangkan kerentanan kekebalan anak-anak terhadap dampak polusi udara.

Dalam populasi yang terpengaruh oleh kualitas udara buruk di Jakarta, anak-anak tampil sebagai kelompok yang paling rentan. Sistem pernapasan dan kekebalan tubuh yang masih berkembang membuat mereka lebih mudah terpengaruh oleh efek negatif dari polutan udara. Paparan yang berlebihan terhadap polutan seperti partikulat dan gas beracun dapat mengganggu respon kekebalan dan fungsi pernapasan mereka, menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk infeksi pernapasan, alergi dan masalah kesehatan jangka panjang.

Menyadari urgensi tantangan ini, Polytron sebagai produsen sejumlah perlengkapan alat rumah tangga dan elektronik, berkomitmen terhadap generasi mendatang dan lingkungan. Hal ini tercermin dengan jelas dalam inisiatif program tanggung jawab social perusahaan (CSR) yakni #FromGenerationsToGenerations. Lewat program ini, perusahaan ingin memberikan pengetahuan kepada generasi muda untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh kualitas udara buruk di Jakarta.

Dalam menjalankan tanggung jawab sosial ini, Polytron menitik beratkan pemberdayaan bagi siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) untuk melindungi dan meningkatkan kekebalan tubuh mereka dalam menghadapi kualitas udara buruk. Hal yang dilakukan adalah dengan mendistribusikan ribuan masker dan unit Air Purifier (pemurni udara) ke sekolah-dasar.

Kegiatan ini berlangsung di bulan September hingga Oktober 2023 nanti. Program CSR ini, diberi tema ‘Clean Air, Strong Immunity: Nurturing Healthier Horizons’. Sebuah langkah nyata yang tidak hanya membantu mengurangi paparan polutan berbahaya tetapi juga menjadi pemicu untuk meningkatkan kesadaran dan mengembangkan praktik kesehatan yang bertanggung jawab.

Selain membagikan masker dan air purifier, juga dilakukan kegiatan mengajaran tentang bagaimana menjaga kesehatan anak yang dibawakan oleh dokter spesialis anak. Kegiatan ini dikemas secara menarik dalam bentuk penampilan puppet show. Beberapa sekolah yang terlibat antara lain SD Pangudi Luhur, SD Tarakanita I dan SD Perguruan Cikini.

Pada Jumat (22/9/2023) dilakukan kegiatan ini di SD Perkuruan Cikini, Jakarta Pusat. Ini merupakan sekolah yang ke 3 dalam program CSR Polytron Peduli. Meitia Alfazuna,  Wakil Kepala Sekolah SD Perguruan Cikini menyatakan apresiasi atas kegiatan ini. Ia berharap lewat program CSR POLYTRON Peduli, pemberian masker, susu, dan Air Purifier dapat berguna dan bermanfaat bagi anak-anak dan sekolah, tambahnya.

Albert Fleming,  General Manager POLYTRON mengemukakan, “Tujuan program CSR ini adalah untuk mengurangi dampak kualitas udara buruk terhadap kesehatan anak-anak di Jakarta melalui pendistribusian masker Hana dan Air Purifier dari POLYTRON ke sekolah-sekolah. Dengan fokus pada kerentanan kekebalan tubuh anak-anak, mendorong penggunaan masker, dan memberikan edukasi tentang praktik peningkatan kekebalan, kami berharap bisa menciptakan efek positif yang meluas-mengubah lingkungan sekolah menjadi zona kesehatan, pembelajaran dan pemberdayaan.

Masker Hana yang dibagikan dalam program ini memiliki 4 lapisan. Ini  adalah masker kesehatan yang nyaman digunakan sehari-hari. Memiliki kemampuan menyaring virus dan bakteri berukuran 0,1 dan 0,3 micron. Pada lapisan luar masker Hana dapat menahan partikel polusi berukuran 2,5PM, sementara lapisan bagian dalamnya dapat melakukan double protection sehingga virus, bakteri, partikel polusi tidak dapat masuk ke dalam tubuh.

Sedangkan Air Purifier PAP 168 merupakan produk kesehatan dari POLYTRON yang dilengkapi dengan 6 langkah penyaringan partikel kuman dan bakteri sehingga menghasilkan udara yang bersih (Pre Filter, Hepa filter, Carbon Filter, UVC Filter, Photocatalystic Oxidation dan Ion Generator).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini