EKSPOSISI – Enam tahun setelah “Frozen” hadir dan membuat kejutan dalam badai pop-culture, sekuel petualangan Elsa, Anna dan Olaf kembali menyapa penonton bioskop lagi. Tidak tanggung-tanggung dalam debut peluncurannya ini, Frozen 2 langsung merajai tangga box office dengan perkiraan $ 127 juta dari penjualan tiket di AS saja dan $ 350.2 juta di seluruh dunia, menurut perkiraan studio hari Minggu (24/11/2019).

Kisah Frozen 2 bukan hanya manis di layar perak saja, namun membuat catatan-catatan lain yang membanggakan Walt Disney. Frozen 2 mampu menjadi film animasi yang terlaris saat diluncurkan yang pernah ada dalam sejarah industri film secara global. Bahkan juga menandai rekor baru baik di AS dan Kanada untuk film animasi yang dirilis di luar musim panas. Tentu saja ini menjadi pembukaan pertunjukan yang menarik buat Walt Disney Animation Studios.

Disney memilih masa seminggu didepan sebelum Thanksgiving untuk membuka “Frozen 2,” yang berarti akan mendapatkan benjolan minggu kedua yang signifikan dari anak-anak yang tidak bersekolah. “Frozen” sendiri yang film pertama dibuka pada hari Thanksgiving, menghasilkan $ 93 juta dalam lima hari dan $ 67 juta untuk akhir pekan tiga hari, pada enam tahun lalu.

Namun, yang asli dengan cepat tumbuh menjadi sensasi, tetap berada di 10 besar di box office selama 17 minggu dan akhirnya meraup $ 1,27 miliar. Didorong sebagian oleh lagu hit “Let it Go,” “Frozen” menimbulkan kesibukan perdagangan, jumlah gaun Elsa yang tak terhitung dan drama musikal Broadway. Ia memenangkan dua Academy Awards, untuk fitur animasi terbaik dan lagu asli.

Frozen 2 memiliki awal yang baik sebagaimana diharapkan oleh Cathleen Taff, kepala distribusi Disney, dimana dia yakin akan daya tarik film ini yang luar biasa. “Kami tidak bisa membuka ke nomor sebesar ini tanpa semua orang keluar untuk melihatnya,” kata Taff. “Kami menantikan berjalan baik melalui liburan mengingat anak-anak akan mulai keluar dari sekolah minggu depan ini.”

Film ini masih disulih suara sejumlah bakat aslinya dari produksi tahun 2013, termasuk suara-suara Idina Menzel (Elsa), Kristen Bell (Anna) dan Josh Gad (Olaf). Juga kembali adalah penulis lagu Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez, meskipun musik kali ini belum cukup diterima dengan antusias. Dan sekali lagi disutradarai oleh Chris Buck dan Jennifer Lee, yang sekarang menjadi chief creative officer di Disney Animation.

“Frozen 2” terbukti menghangatkan pencapaian box office dibulan November ini. Tiga minggu terakhir serangkaian film yang menonjolkan kekayaan intelektual terbukti gagal, termasuk “Doctor Sleep” dari Warner Bros.,  Terminator: Dark Fate” dari Viacom’s – Paramount Pictures , dan Sony Pictures dengan “Charlie’s Angels.”nya.

Tetapi Elsa dan kawan-kawan ini bukan hanya bisa melakukan begitu banyak untuk menggerakkan jarum. Akhir pekan sebenarnya turun 7% dari frame yang sama tahun lalu, menurut perusahaan data Comscore. Pada tahun 2018, ada lebih banyak film besar di pasar, termasuk “Ralph Breaks the Internet,” “Creed II” dan “Fantastic Beasts: Crimes of Grindelwald.”

Film top minggu lalu, “Ford v Ferrari” tergelincir 49% pada minggu kedua hanya meraup $ 16 juta. Film James Mangold, yang juga rilis Disney (sebelumnya milik studio 20th Century Fox), telah meraup $ 103,8 juta di seluruh dunia sejauh ini. Dibintangi Christian Bale dan Matt Damon, film ini juga bergabung dengan perlombaan Oscar musim ini yang dipercepat. The Academy Awards akan diadakan 9 Februari tahun ini.

Drama Mister Rogers karya Marielle Heller, “A Beautiful Day in the Neighborhood,” yang dibintangi Tom Hanks dan Matthew Rhys, yang juga bersaing masuk Oscar. Dibuka di posisi ketiga dengan $ 13,5 juta. Hasil ini sesuai dengan target rilis Sony Pictures, dimana produksi film ini dikabarkan menelan biaya sekitar $ 25 juta.

Yang kurang berhasil adalah film thriller kriminal “21 Bridges,” yang dibintangi Chadwick Boseman sebagai seorang detektif polisi yang membuat Manhattan dikurung karena perburuan. Berhadapan dengan persaingan ketat untuk penonton dewasa, “21 Bridges” mengumpulkan $ 9,2 juta untuk STXfilms, hasil yang lumayan untuk sebuah film yang menghabiskan biaya $ 33 juta untuk diproduksi. Film ini diproduksi oleh Anthony dan Joseph Russo, yang film terakhirnya sebagai sutradara, “Avengers: Endgame,” sedikit lebih baik.

Film thriller hukum Todd Haynes “Dark Waters” dibuka di empat teater dengan rata-rata per teater $ 27.467. Dirilis oleh Focus Features dengan dibintangi oleh Mark Ruffalo, Dark Waters didasarkan pada artikel New York Times Magazine 2016 tentang seorang pengacara perusahaan yang menggugat perusahaan kimia Dupont atas dampak kesehatan dan lingkungan dari “bahan kimia selamanya” yang digunakan oleh Dupont. (Lukman Hqeem)

Berikut ini adalah tangga box office untuk sepekan, 18 – 24 November 2019.

1. “Frozen 2,” $ 127 juta ($ 223,2 juta internasional).

2. “Ford v Ferrari,” $ 16 juta ($ 14,7 juta internasional).

3. ” A Beautiful Day in the Neighborhood,” $ 13,5 juta.

4. “21 Bridges,” $ 9,3 juta ($ 2,7 juta internasional).

5. “Midway,” $ 4,7 juta ($ 5,4 juta internasional).

6. ” Playing With Fire,” $ 4,6 juta.

7. “The Good Liar,” $ 3,8 juta.

8. “Charlie’s Angels,” $ 3,2 juta (internasional $ 4,6 juta).

9. “Last Christmas,” $3 juta (Internasional $6.7 juta)

10. “Joker” $2.8 juta (Internasional $7.6 juta).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here