EksposisiNews – Forum Kader Bela Negara (FKBN) sebagai organisasi kemasyarakatan yang resmi di bawah Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI) selalu menunjukkan bakti negeri dalam segala bidang. Kali ini, dalam bidang olahraga, FKBN melakukan kegiatan motivasi dengan melepas Team Softball Putra DKI Jakarta yang terdiri dari para atlet, pelatih, hingga manager yang siap akan berangkat ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Kepala Badan Koordinator Pusat Forum Kader Bela Negara (FKBN) Boyke Djohan optimis dan menyemangati Team Softball DKI Jakarta untuk dapat meraih medali emas. Berdasarkan statistik, Team Softball DKI Jakarta memang seringkali menang di ajang olahraga tertinggi di Tanah Air.

FKBN Lepas Team Softball Putra DKI Jakarta Siap Berangkat ke PON XX Papua 2021 1

“Atlet Ibu Kota selalu menjadi barometer atlet dari seluruh daerah di Indonesia, jadi pesan saya tunjukkan kelas kalian sebagai atlet-atlet Ibu Kota, kasih pembelajaran kepada semua atlet daerah bahwa inilah permainan softball, “ kata Kepala Badan Koordinator Pusat FKBN Boyke Djohan di depan Team Softball Putra DKI Jakarta, di Griya Prapanca Apartement, Jl. Pangeran Antasari No. 14 Cipete Utara, Kebanyoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (17/9/2021) malam.

Lebih lanjut, Boyke, menerangkan FKBN memberi motivasi pada Team Softball DKI Jakarta untuk dapat merebut medali emas. “Medali emas tak hanya jadi kebanggaan, tapi juga bisa meningkatkan karier kalian sebagai atlet nasional, “ terang Kepala Badan Koordinator Pusat FKBN, yang juga Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Perkumpulan 234 Siliwangi Complex dan Ketua Bidang Kelembagaan Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT), sekaligus Ketua Umum Golden Tiger Taekwondo Club.

FKBN Lepas Team Softball Putra DKI Jakarta Siap Berangkat ke PON XX Papua 2021 2

Boyke mendorong atlet agar semangat dalam bertanding. “Tunjukkan prestasi terbaik kalian pada pelatih maupun manager bahwa kalian memang pantas menjadi atlet Ibu Kota yang mendaatkan emas, “ ucapnya optimis mantap penuh semangat.

Di tempat yang sama, Rafli Mustafa, kepala pelatih Team Softball Putra DKI Jakarta, menyampaikan persiapan team yang dibina sudah cukup lama. “Persiapan yang kami lakukan sudah cukup lama karena dampak Pandemi Covid-19 sehingga harus ditunda, dimana semestinya PON XX diselenggarakan tahun 2020 tapi baru akan digelar tahun 2021, “ katanya.

Sebagai kepala pelatih, Rafli menargetkan Team Softball Putra DKI Jakarta meraih emas. “Untuk meraihnya memang penuh perjuangan yang cukup berat, tapi kami akan berusaha keras dan berjuang sebaik-baiknya agar dapat meraih emas, “ bebernya.

FKBN Lepas Team Softball Putra DKI Jakarta Siap Berangkat ke PON XX Papua 2021 3

Rafli menyebut formasi Team Softball Putra DKI Jakarta sekarang adalah team inti yang terdiri 15 atlet. “Team inti ini kami bentuk pra kualifikasi PON dengan seleksi ketat dari sekitar 25 atlet menjadi 15 atlet yang terpilih menjadi team inti, “ paparnya.

Menurut Rafli, Team Softball Putra DKI Jakarta selalu meraih medali emas, kecuali pada PON 1989 pernah mengalami kekalahan di final dengan Team Jawa Barat. “Tapi PON tahun 2021 ini, kami sangat optimis dapat merebut medali emas, “ tegasnya.

Adapun, Kombes Pol Syahrial M Said, manager Team Softball Putra DKI Jakarta, menyampaikan kesiapan team yang dibinanya. “Pada prinsipnya, saya sebagai manager melihat persiapan Team Softball Putra DKI Jakarta sudah cukup prima, mudah-mudahan tetap stabil prima sehingga dapat bertanding dengan hasil memuaskan dengan mendapat medali emas, “ katanya.

Syahrial yang pengalaman bertugas di Papua tentu sangat mengenal medan dan alam Papua. “Kami memotivasi team penuh semangat tinggi, kami juga menganjurkan pada team agar dua hari sebelum berangkat harus minum obat malaria, dengan catatan apabila ada maag makan duu, begitu juga kalau ada yang asma sebaiknya dosis obat malarianya dikurangi, pokoknya kita pantau team dengan sangat ketat, “ tegasnya.

FKBN Lepas Team Softball Putra DKI Jakarta Siap Berangkat ke PON XX Papua 2021 4

Saat ini, kata Syahrial, Team Softball Putra DKI Jakarta sedang melakukan pembekalan. “Semacam mental treatment buat atlet untuk bertempur di Papua, sentuhansentuhan mental dari team psikolog dar KONI, “ ujarnya.

Menurut Syahrial, Team Softball Putra DKI Jakarta yang dibinanya sebagian pernah ada yang terkena Covid-19. “Tapi alhamdulillah sekarang sudah sembuh, dan siap bertanding, “ tuturnya penuh rasa syukur.

Syahrial optimis team yanag dibinanya dapat meraih emas. “Saya memotivasi terus Team Softball Putra DKI Jakarta agar tetap optimis dapat meraih emas, “ pungkasnya sumringah.

Rencananya keberangkatan Team Softball Putra DKI Jakarta pada tanggal 19 September 2012. Adapun, pertandingan softball PON XX Papua 2021 dijadwalkan antara tanggal 22 September sampai dengan 5 Oktober 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here