EksposisiNews – Di awal tahun 2022, Forum Kader Bela Negara (FKBN) kembali melanjutkan program membersihkan rumah ibadah. Sebuah program yang diselenggarakan dalam rangka untuk “Merajut Kebersamaan dan Kebhinekaan dalam Tolerasi Beragama sebagai Wujud Implementasi Bela Negara. “

FKBN secara konsisten dan rutin menggelar program membersihkan rumah ibadah di seluruh Indonesia untuk mempererat persatuan antar umat beragama dengan tujuan untuk menjaga kesatuan NKRI.

FKBN Gelar Program Bersihkan Pura Mustika Dharma Kopassus Cijantung 1

“Kami dari Forum Kader Bela Negara bekerjasama dengan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) membuat program membersihkan rumah ibadah untuk semua agama di seluruh Indonesia, yang kali ini diadakan di Pura Mustika Dharma Kopassus Cijantung,“ kata Boyke Djohan, Ketua Panitia Bakti Sosial Forum Kader Bela Negara, Program Membersihkan Rumah Ibadah di Pura Mustika Dharma Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, Minggu (23/1/2022)

Lebih lanjut, Boyke menerangkan program membersihkan rumah ibadah. “Kami lakukan ini sejak akhir 2019, insya Allah, ke depannya, semua elemen masyarakat, baik dari ormas maupun LSM bergabung dengan kami, juga beserta berbagai pihak mensupport kami dengan tujuan untuk menjaga kesatuan NKRI, “ terang Wakil Kepala Koordinator Pusat Forum Kader Bela Negara (FKBN), sekaligus Ketua Umum Golden Tiger Taekwondo Club.

FKBN Gelar Program Bersihkan Pura Mustika Dharma Kopassus Cijantung 2

Menurut Boyke, Forum Kader Bela Negara adalah binaan dari Kementerian Pertahanann otomatis Forum Kader Bela Negara berusaha selalu untuk menjaga kesatuan NKRI. “Kita tahu banyak sekali aksi-aksi untuk memecah belah NKRI jadi kami melakukan gerakan dengan aksi, “ ungkapnya mantap.

Boyke menyampaikan, sebelumnya Forum Kader Bela Negara telah melakukan program membersihkan rumah ibadah.  “Alhamdulillah sampai saat ini semua tempat ibadah yang kami datangi dan kami bersih-bersihkan, semua pihak juga meminta kami kembali karena banyak sekali manfaat positifnya, “ papar Boyke.

FKBN Gelar Program Bersihkan Pura Mustika Dharma Kopassus Cijantung 3

Ke depannya, Forum Kader Bela Negara akan tetap melakukan program membersihkan rumah ibadah. “Semua tergantung daripada momen-momennya, seperti dalam waktu dekat nanti, akan ada perayaan Imlek, kami juga banyak diminta oleh saudara-saudara kami untuk program membersihkan rumah ibadah mereka. Juga tetap ada program reguler dari kami, kalau memang perlu kami lakukan setiap tiga hari sekali, kami siap, “ tegas Boyke.

“Forum Kader Bela Negara ini sudah memiliki 15 provinsi yang menjadi cabang kami di seluruh Indonesia yang rutin mengadakan program membersihkan rumah ibadah seperti ini, “ imbuhnya.

Boyke menyampaikan, sementara ini, pihaknya memang masih fokus pada program rutin untuk membersihkan rumah ibadah. “Insya Allah kalau semua sudah sesuai dengan harapan kami, kami akan membuat program yang tentunya dengan konsep yang sama untuk menjaga kesatuan NKRI, “ pungkas Boyke Djohan optimis.

Adapun, Wayan Mandi, Ketua Suka Duka Hindu Dharma Tempek Kopassus Cijantung, menyambut baik bakti sosial program membersihkan rumah ibadah. “Sebenarnya kami sudah ada program membersihkan rumah ibadah yang sudah terjadwal, untuk Minggu ini jadwal gilirannya tugas Kopassus, “ katanya.

“Ke depan, kira-kira apa yang bisa menjadi kerjasamakan, menyangkut, misalnya, kegiatan dalam rangka menangkal radikalisme dan kegiatan-kegiatan lainnya. “Kami siap mendukung Forum Kader Bela Negara, “ tegas Wayan.

Dengan cara begini, kata Wayan, kita bisa sama-sama saling mengenal, saling memahami, saling mengingatkan, saling mencerahkan. “Kalau sudah itu terjadi, tidak akan terjadi perpecahan ataupun intoleransi, hal itu yang membuat kita dapat mempererat persatuan antar umat beragama, “ harapan Wayan.

Wayan mengucapkan terima kasih atas kunjungan FKBN dengan program membersihkan rumah ibadah yang dilakukan di Pura Mustika Dharma Kopassus Cijantung. “Ke depannya, harapan kami program membersihkan rumah ibadah untuk tetap dilakukan, yang bagi kami, baik dan positif, untuk bersama kita menjaga kesatuan NKRI, “ pungkas Wayan Mandi.

Program membersihkan rumah ibadah yang digelar Forum Kader Bela Negara ini mendapat dukungan penuh dari Harry Lim dan Arief ‘Rudi Slow’ Sugiarto sebagai penasihat di dalam kegiatan tersebut. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here