EksposisiNews – Sebuah film tak hanya tontonan semata, tapi juga menyampaikan pesan. Demikian juga dengan film Sepeda Presiden yang menjadi representasi dari kisah mimpi dan harapan anak-anak Indonesia. Bahkan representasi kekuatan budaya Indonesia.

Film garapan sutradara Garin Nugroho dan Hestu Saputra ini tentang impian anak-anak Papua yang ingin mempunyai rasa bahagia yang sama dengan anak-anak daerah lainnya. Seperti di antaranya kemudahan dalam mendapatkan informasi.

Film Sepeda Presiden Representasi Kekuatan Budaya Indonesia 1

“Film Sepeda Presiden adalah representasi dari kisah mimpi dan harapan anak-anak Indonesia,” kata produser film Sepeda Presiden, Avesina Soebli di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (20/12/21).

Lebih lanjut, Avesina menerangkan, ide cerita tersebut diambil dari kisah bagi-bagi sepeda yang dilakukan oleh Presiden Jokowi kepada sejumlah anak Indonesia dan menjadi viral.

“Itu menjadi peristiwa budaya yang menarik dan secara sosial melahirkan partisipasi dan viral. Menjadi viral layaknya kisah rakyat hari ini, inilah awal inspirasi film ini,” terangnya.

Avesina menyampaikan banyak tayangan film yang begitu sangat beragam dan punya keunggulan masing-masing di akhir tahun. “Saya percaya Tuhan tidak diam, kita sama-sama berjuang untuk dapat memenangkan persaingan, “ tegasnya.

Harapan Avesina film ini bisa menjadi kegembiraan masyarakat Indonesia untuk tayang akhir tahun. “Film ini menjadi representasi kekuatan budaya Indonesia dan semoga mendapat sambutan baik dari masyarakat, “ pungkas Avesina sumringah.

Film Sepeda Presiden Representasi Kekuatan Budaya Indonesia 2

Film ini mengisahkan tentang pertemuan antara tiga sekawan di Papua yang ingin bertemu dengan Presiden. Suatu ketika, seorang Youtuber terkenal bernama Binar datang ke Papua untuk mencari kebahagiaan.

Pertemuan Binar dan tiga sekawan Papua itu pun lantas melahirkan kekocakan yang diwarnai pertualangan di tengah indahnya alam Papua.

Garin Nugroho memang sengaja membuat film Sepeda Presisen begitu ringan. Pada karyanya terbarunya ini, Garin hanya ingin menghadirkan unsur menyenangkan sebagai perayaan 40 tahun dirinya berkarya di dunia perfilman. “Saya memang ingin merayakan 40 tahun berkarya dengan kegembiraan, ringan, dan menyenangkan,” ujar Garin Nugroho.

Film ‘Sepeda Presiden’ dibintangi aktris cantik Ariel Tatum yang diberikan kepercayaan untuk berperan sebagai Binar. Selain Ariel, ada juga penyanyi jebolan Indonesian Idol berdarah asli Papua yakni Joanita Chatari. Film ini juga menampilkan anak-anak asli Papua yang cerdas dan berbakat seperti Arnol Aner Asmuruf, Dede Ramandei dan Elias F. Padwa.

Keindahan alam Papua menjadi pemandangan yang menyejukkan mata sepanjang menonton film ‘Sepeda Presiden’. Selain itu, lagu-lagu daerah Papua juga diperkenalkan kembali bagi generasi masa kini.

Film ini tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 23 Desember 2021. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here