Ketua Dewan Pembina GRIB Jaya Jawa Tengah, H. Fatchuddin SE., sekaligus Caleg DPR RI wilayah Kota Tegal, Tegal dan Brebes dalam Pemilu 2024. Foto oleh Lukman Hqeem/EksposisiNews

Politisi nasional Partai GOLKAR asal Tegal, H. Fatchuddin SE., mendapatkan kehormatan sebagai Ketua Dewan Pembina Gerakan Indonesia Bersatu (GRIB) Jaya Jawa Tengah. Pengukuhannya dilakukan oleh Ketua Umum GRIB Jaya, Rosario Marsal Hercules di Jakarta pada pertengahan Januari 2024. Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang didirikan oleh Hercules pada 22 tahun lalu ini, secara tegas telah menyatakan dukungannya dalam pemilihan presiden di pemilu 2024 ini pada pasangan calon No.2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Pada Kamis (25/01/2024) di Brebes, dilakukan deklarasi dukungan bagi paslon ini yang dihadiri ribuan massa anggota dan simpatisan GRIB Jaya. Bersama dengan sejumlah pengurus teras GRIB Jaya, Ketua Umum Hercules memimpin deklarasi ini.
Mengutip apa yang disampaikan sebagai amanat organisasi, H. Fatchuddin SE. menjelaskan bahwa dukungan pada paslon 02 ini merupakan sebuah ikhtiar demi memilih pemimpin yang memiliki pandangan dan tujuan untuk menuju masyarakat Indonesia yang makmur dan sejahtera.

Baginya, gerakan ini sejalan dengan garis kebijakan yang dilakukan oleh Partai Golkar, yang turut bergabung dalam koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo – Gibran sebagai capres dan wapres dalam pemilu 2024.

H. Fatchuddin SE. menjelaskan bahwa sebagai pembina dari ormas GRIB Jaya Jawa Tengah ia memiliki harapan bahwa ormas ini dapat menjadi wadah bagi para anggotanya dalam berorganisasi dan beraktifitas bukan hanya soal sosial dan politik, namun juga bidang lain termasuk ekonomi. Sebagai seorang wiraswasta ia melihat bahwa organisasi ini memiliki peluang besar menjadi alat ekonomi bagi anggotanya untuk dapat hidup lebih maju dan sejahtera.

Fatchuddin : GRIB Jaya Jawa Tengah, Maju dan Sejahtera Bersama 1
Ketua Umum GRIB Jaya Hercules (no dua dari kiri) bersama dengan Ketua Dewan Pembina GRIB Jaya Jawa Tengah, H. Fatchuddin SE., (no tiga dari kiri) saat deklarasi dukungan pada paslon capres Prabowo – Subianto di Brebes pada 24 Januari 2024. Foto oleh Lukman Hqeem ‘/Eksposisi News

Sebagai caleg DPR RI dalam pemilu 2024 dengan nomor urut 2, dari daerah pemilih Kota Tegal, Tegal dan Brebes, H. Fatchuddin SE. berharap masyarakat dan khususnya para anggota ormas ini dapat memberikan dukungan.

Ia melihat kemaslahatan rakyat luas, khususnya di tiga wilayah pemilihnya dapat diperjuangkan dan perhatian yang lebih baik.

Dengan pengalaman-pengalaman sebelumnya, ia yakin dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat, meningkatkan kesadaran politik hingga menyiapkan kader-kader organisasi dengan lebih baik, dengan memperhatikan kesetaraan dalam segala aspek kehidupan bermasyarakan, berbangsa dan bernegara.

Jawa Tengah sendiri menurutnya masih memiliki sejumlah permasalahan ekonomi dan sosial. Untuk itu, bersama GRIB Jaya Jawa Tengah yang dipimpin oleh Pamor Wicaksono, ia berharap dapat berkontribusi dalam menjawab masalah-masalah tersebut. Ia yakin bahwa dengan kepemimpinan Pamor Wicaksono, yang juga sejawat politiknya, dapat membawa GRIB Jaya Jawa Tengah lebih maju dan sejahtera.

Tiga hal yang menjadi perhatiannya, yakni masalah kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan. Mengutip catatan Badan Pusat Statistik, bahwa angka kemiskinan di Jawa Tengah pada 2023 mencapai 10,7% atau hampir 3,8 juta jiwa. Sementara di Kabupaten Tegal sebanyak 105 ribu jiwa atau sebesar 7,3%, Kabupaten Brebes sebanyak 286 ribu jiwa atau 15.7% dan Kota Tegal mencapai 19,22 ribu atau 7,6%. Disisi lain, angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Tengah mencapai 73,39 pada tahun 2023.

Angka tersebut mengalami peningkatan 0,59 poin dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 72,80. Selama kurun waktu 2020-2023, IPM Jawa Tengah meningkat rata-rata sebesar 0,70 persen. Peningkatan IPM terjadi pada semua komponen, baik kualitas kesehatan, pendidikan, maupun pengeluaran per kapita yang disesuaikan. Angka IPM Kabupaten Tegal sebesar 70.23, Brebes sebesar 67.95 dan Kota Tegal sebesar 77.02. Kesemuanya ini, menunjukkan tantangan pembangunan di wilayah ini, pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini