Facebook - WA - Instagram

EksposisiNews – Facebook, Instagram, Messenger, dan WhatsApp kembali aktif pada Selasa (05/10/2021) pagi setelah pemadaman hampir enam jam yang membuat 3,5 miliar penggunanya gagal mengakses media sosial dan layanan perpesanannya. Facebook meminta maaf tetapi tidak segera menjelaskan apa yang menyebabkan kegagalan tersebut, yang terbesar yang pernah dilacak oleh grup pemantau web Downdetector.

Pemadaman itu adalah pukulan kedua kalinya bagi raksasa media sosial itu dalam beberapa hari setelah seorang pelapor pada hari Minggu menuduh perusahaan itu berulang kali memprioritaskan keuntungan daripada menekan ujaran kebencian dan informasi yang salah.

Ketika warga dunia kemudian berbondong-bondong beralih ke aplikasi pesaing seperti Twitter dan TikTok, akibatnya saham Facebook turun 4,9%, penurunan harian terbesar sejak November lalu, di tengah aksi jual yang lebih luas dalam saham teknologi pada hari Senin. Saham naik sekitar setengah persen dalam perdagangan setelah jam kerja setelah dimulainya kembali layanan.

“Untuk setiap bisnis kecil dan besar, keluarga, dan individu yang bergantung pada kami, saya minta maaf,” cuit Chief Technology Officer Facebook Mike Schroepfer, menambahkan bahwa “mungkin perlu waktu untuk mencapai 100%.”

Beberapa karyawan Facebook yang menolak disebutkan namanya mengatakan bahwa mereka percaya bahwa pemadaman itu disebabkan oleh kesalahan internal dalam bagaimana lalu lintas internet dialihkan ke sistemnya. Kegagalan alat komunikasi internal dan sumber daya lain yang bergantung pada jaringan yang sama untuk bekerja menambah kesalahan, kata karyawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here