Facebook, Instagram, WhatsApp

Eksposisinews – Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak dapat diakses oleh penggunanya di seluruh dunia. Raksasa media sosial itu pada hari Senin mengatakan bahwa mereka saat ini tengah mengupayakan pemulihan layanannya.

Belum dapat dipastikan apa penyebab ‘down’ tidak dapat diaksesnya ketiga aplikasi media sosial tersebut sehingga memengaruhi layanan. Namun, ada pesan kesalahan di halaman web Facebook Inc yang menunjukkan masalah dengan alamat Internet Protokol server nya atau IP Address, dengan pesan yang tertulis ‘ERR_NAME_NOT_RESOLVED’.

Facebook

Masalah ini terkait dengan DNS yang memungkinkan alamat web untuk membawa pengguna ke tujuan mereka. Pemadaman serupa di perusahaan cloud Akamai Technologies Inc menghapus beberapa situs web pada bulan Juli.

Dinukil dari Reuters, pakar keamanan yang melacak situasi ini mengatakan pemadaman bisa dipicu oleh kesalahan konfigurasi, yang bisa jadi akibat kesalahan internal, meskipun sabotase oleh orang dalam secara teoritis mungkin terjadi.

Peretasan dari luar masih dianggap kecil kemungkinan terjadi. Kalaupun terjadi serangan penolakan layanan besar-besaran yang membanjiri sosial media terpopuler di dunia ini maka diperlukan koordinasi di antara kelompok kriminal yang kuat atau teknik yang sangat inovatif.

Pihak perusahaan mengetahui dan mengakui masalah ini namun mereka tidak memberikan penjelasan apa penyebab masalah ini dan tidak menginformasikan berapa banyak yang terpengaruh atas tidak dapat diaksesnya pemadaman tersebut.

“Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata Facebook.

Tidak hanya terjadi pada Facebook, putusnya akses ini juga terjadi pada aplikasi yang juga dimiliki oleh Facebook Inc. Terpantau, aplikasi sosial media Instagram, baik aplikasi pada smart phone maupun website, tidak dapat diakses. Pada aplikasi di smart phone, terdapat pesan yang menunjukkan ‘could not refresh feed’ (tidak dapat memperbarui tampilan).

Pada website Instagram, terdapat pesan yang sama seperti yang terjadi pada website Facebook. Namun, sebelumnya sempat muncul pesan yang hanya menunjukkan kode 5xx Server Error.

Facebook

Downdetector, sebuah laman situs yang hanya melacak pemadaman ini dengan menyusun laporan status dari serangkaian sumber, termasuk kesalahan yang dikirimkan pengguna pada platformnya, yang menunjukkan ada lebih dari 50.000 kasus yang melaporkan masalah dengan Facebook dan Instagram. Pemadaman ini mungkin memengaruhi lebih banyak pengguna.

Sementara itu, platform pesan instan raksasa media sosial WhatsApp (yang juga dimiliki oleh Facebook Inc) juga tidak dapat digunakan untuk lebih dari 35.000 pengguna, sementara pesan Messenger tidak dapat diakses oleh hampir 9.800 penggunanya. Facebook sebelumnya pernah mengalami pemadaman serupa yang cakupannya juga cukup luas dengan rangkaian aplikasinya tahun ini pada bulan Maret dan Juli.

Beberapa pengguna yang menggunakan kredensial Facebook mereka untuk masuk ke aplikasi pihak ketiga seperti Pokemon Go dan Match Masters juga menghadapi masalah.

Pemadaman, yang melanda platform raksasa media sosial beberapa menit sebelum tengah hari, terjadi sehari setelah seorang pelapor Facebook menuduh perusahaan tersebut berulang kali memprioritaskan keuntungan daripada menekan ujaran kebencian dan informasi yang salah, dan mengatakan pengacaranya telah mengajukan setidaknya delapan keluhan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS.

Keluhan tersebut telah menyebabkan dua anggota parlemen Eropa menyerukan penyelidikan atas tuduhan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here