Harga Emas

Harga emas naik lebih tinggi di awal perdagangan sesi Asia pada Senin (21/08/2023) setelah tertekan selama beberapa waktu karena penguatan dolar AS. Namun dengan meningkatnya kekhawatiran pertumbuhan ekonomi di China, safe haven kembali mendapatkan daya tariknya. Para pelaku pasar selanjutnya akan mengamati dengan seksama pidato ketua Federal Reserve di Simposium Ekonomi Jackson Hole, KTT BRICS dan keputusan bank sentral China pada suku bunga pinjamannya. Harga emas di pasar spot naik 0,1% pada $1.890,20 per troy ons.

Pasar melihat bahwa imbal hasil nyata mulai turun dengan ekspektasi bahwa Ketua Fed Jerome Powell berpotensi mengubah narasi saat ini tentang ‘suku bunga lebih tinggi untuk lebih lama menjadi salah satu sikap yang lebih akomodatif. Jika ini terjadi, Simposium Ekonomi Jackson Hole akan menjadi platform yang memungkinkan untuk melakukannya dan dapat memberikan beberapa dukungan untuk harga emas. Tanpa rilis data signifikan lainnya antara sekarang dan nanti, pasar kemungkinan akan tetap relatif tenang. KTT BRICS dan rilis LPR China di awal minggu dapat memicu beberapa volatilitas jangka pendek tetapi semua mata akan tertuju pada Jackson Hole.

Melihat harga pasar uang, beberapa bulan terakhir telah terlihat perubahan drastis dalam ekspektasi pasar dengan perkiraan awalnya melihat penurunan suku bunga pada awal September 2023 hingga perkiraan Mei 2024 saat ini. Panduan dovish apa pun minggu depan dapat memajukan hal ini, kemungkinan mengurangi imbal hasil riil lebih lanjut dan mempermainkan pembeli emas.

Secara teknis, aksi harga XAU/USD mendekati puncak dalam pola grafik baji turun (wedge down) yang telah berkembang selama beberapa minggu terakhir. Karena harga mendekati wilayah oversold pada Relative Strength Index (RSI), masih ada ruang untuk penurunan lebih lanjut.

Konfirmasi penutupan di atas resistance baji dan pegangan psikologis 1900,00 dapat memicu reli sisi atas sementara penutupan di bawah 1890,21 dapat memicu aksi jual yang lebih besar menuju zona support berikutnya.

Level resistensi ada di harga psikologis utama $1900.00 sementara level support utama di 1890.21, dan 1858.33.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini