Elita Budiarti (baju hitam), Politisi Golkar Subang yang memutuskan pindah ke Partai Gerindra dalam Pileg 2024. (Herman Effendi/Eksposisi News)

Berita hengkangnya Elita Budiarti dari Partai Golkar ke Partai Gerindra sudah lama beredar. Pada Selasa (03/10/2023) didapat info bahwa Elita mengundurkan diri dari Ketua DPD Partai Golkar Subang.  Selain sebagai Ketua DPD Golkar Subang, Elita juga Pimpinan DPRD Kabupaten Subang. Bahkan dalam Pileg 2024, Elita telah mencalonkan diri sebagai anggota legislatif DPR RI dari Partai Golkar Dapil 7 wilayah Subang, Majalengka, dan Sumedang.

Bilamana benar terjadi perpindahan Elita ke Gerindra,  peta politik di Kabupaten Subang akan berubah signifikan. Sejumlah pihak meyakini bahwa dalam Pileg 2024 nanti diprediksi suara Partai Golkar akan turun drastis dan kursi mereka di Dewan Perwakilan Rakyat Subang bisa jadi kosong alias Zonk.

Pengamat politik seperti Wawan Purwandi, Sopandi Idris, Saep Nersen dan beberapa Kades berpendapat bahwa pengunduran diri Elita dari partai Golkar, dipastikan akan diikuti seluruh kader Elita yang juga tokoh politik  perempuan ini. Relawan Elita yang terkenal di Subang dengan nama “REALITA“ (Relawan Elita) dan “Realita Golkar Ngabret” dianggap sudah meledak di seluruh penjuru Subang. Ini membuat sejumlah lawan politiknya gerah. 

Elita sering di sebut wanita tangan besi karena keberhasilannya membawa Golkar menjadi Partai pemenang ke 2 di Kabupaten Subang dengan menaikkan 3 kursi di pemilu 2019 yang saat itu Golkar Subang sedang kena tsunami karena Ketua DPD Golkar subang  saat itu sekaligus Bupati Subang  Hj Imas yang tertangkap oleh KPK.

Dibawah kepemimpinannya, Partai Golkar Subang tidak tenggelam tapi sebaliknya bangkit dan menambah 3 kursi, Elita mempunyai relawan dan kader yang militan serta loyal. Bahkan bisa dipastikan mundurnya Elita dari Golkar akan diikuti oleh pasukan Realita nya. Menurut info dari orang yang mengetahui masalah ini, kemunduran Elita akan diikuti 31 caleg lainnya.

Menurut pengamat politik Subang, kabar perpindahan Elita ke Partai Gerindra akan membawa suara pendukung Partai Golkar juga ikut pindah ke Partai Gerindra, sekaligus 31 caleg Golkar Dapil  Subang akan ikut pindah ke Partai Gerindra. Ia bahkan memprediksi bahwa dalam pileg 2024 nanti Gerindra akan menjadi pemenang telak mengalahkan PDIP di Subang. Kursi Gerindra dapat naik 7 kursi ditambah  kursi Golkar 14 kursi, bisa menjadi 21 kursi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini