Dalam laporan terkini, ekspor Indonesia merosot 21,18% di bulan Juni dibandingkan 0,96% sebelumnya, -18,65% diperkirakan. Hal ini membebani Rupiah dan membuat nilai tukar terhadap Dolar AS berusaha bertahan. Risk appetite memang sedikit meningkat ditengah pesimisme pasar seputar China yang juga menjadi pijakan Rupiah.

Ekspor Indonesia merosot 21,18% pada bulan Juni dibandingkan 0,96% sebelumnya dan estimasi analis -18,65%. Rincian lebih lanjut menunjukkan bahwa Impor turun ke -18,35% dari 14,35%, dibandingkan perkiraan -7,75% sedangkan Neraca Perdagangan menunjukkan surplus yang lebih luas sebesar $3,46B versus perkiraan pasar $1,35B dan $0,44B sebelumnya.

Perlu dicatat bahwa cetakan suram dari Produk Domestik Bruto (PDB) China kuartal kedua (Q2) 2023 bergabung dengan ketakutan geopolitik seputar topan Talim di Hong Kong, serta ketakutan Dana Moneter Internasional (IMF) tentang inflasi, membebani sentimen. dan letakkan batas bawah di bawah harga USD/IDR.

Hal yang sama bisa menjadi komentar dari Perdana Menteri Selandia Baru (NZ) Chris Hipkins dan Menteri Keuangan AS Janet Yellen yang menandai kekhawatiran geopolitik tentang China dan karenanya membebani sentimen, yang pada gilirannya membela pembeli USD/IDR.

Di tempat lain, konsolidasi dalam harga Indeks Dolar AS (DXY) di tengah pemadaman pra-Fed, setelah membukukan penurunan mingguan terbesar sejak November 2022, juga menantang penurunan USD/IDR meskipun kuotasi terbaru gagal memperpanjang rebound hari sebelumnya. Perlu dicatat bahwa pembacaan awal Indeks Keyakinan Konsumen University of Michigan (UoM) Jumat dan ekspektasi inflasi konsumen mendorong kembali kekhawatiran bahwa Fed dekat dengan poros kebijakan dan membiarkan Dolar AS menjilat lukanya, serta memikat USD /pembeli Rp.

Ke depan, katalis risiko penting untuk diperhatikan untuk arah jangka pendek di tengah kalender yang tipis.

Secara teknis, pemulihan USD/IDR tetap sulit dipahami kecuali mencetak penutupan harian di luar support-berubah-resistance yang berusia 10 minggu, sekitar 15.030 pada saat penulisan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini