Dolar AS Menguat, mendorong Poundsterling jatuh lebih dalam. (Lukman Hqeem)
Dolar AS Menguat, mendorong Poundsterling jatuh lebih dalam. (Lukman Hqeem)

JAVAFX – Dolar Amerika Serikat naik tajam pada perdaganga di hari Jumat (06/08/2021), didorong oleh laporan pekerjaan di sektor non pertanian AS yang kuat. Greenbacks mencatatkan kenaikan mingguan terbesarnya dalam tujuh minggu terakhir ini. Indeks dolar AS naik hampir 0,6% pada 92,776 pada 03:06 WIB di hari Sabtu dini hari.

Laporan tersebut menunjukkan pekerjaan tumbuh lebih dari yang diharapkan pada bulan Juli, mendorong imbal hasil obligasi lebih tinggi karena pandangan bahwa Federal Reserve dapat bertindak lebih cepat untuk memperketat kebijakan moneter AS. Departemen Tenaga Kerja AS menyatakan bahwa setidaknya lapangan kerja sektor non pertanian mampu menyedot 943.000 tenaga kerja di bulan Juli. Angka ini jauh lebih baik dibandingkan dengan perkiraan pasar yang meyakini akan tumbuh sebesar 870.000 pekerjaan saja.

Berita itu menghidupkan kembali momentum dolar, yang didasarkan pada pertengahan minggu oleh pernyataan dari Wakil Ketua Fed Richard Clarida yang menunjukkan bahwa kondisi untuk menaikkan suku bunga mungkin dipenuhi segera pada akhir 2022. Pejabat Fed mengatakan bahwa peningkatan lapangan kerja sangat penting ketika mereka mulai menarik kembali dukungan ekstra yang mereka berikan untuk ekonomi selama pandemi. Pernyataan Clarida mengangkat imbal hasil Treasury setelah lima minggu mengalami penurunan, sementara imbal hasil “nyata”, tidak termasuk inflasi, akan menghentikan penurunan enam minggu berturut-turut. Hasil pada catatan Treasury 10-tahun menyentuh 1,3%, naik dari 1,18% pada hari Senin.

Analis telah memperingatkan akan membutuhkan lebih banyak bukti daripada satu laporan pekerjaan untuk mendorong imbal hasil AS secara signifikan lebih tinggi lagi. Hasil hari Jumat tetap hampir setengah poin persentase lebih rendah dari pada akhir Maret. Reaksi terhadap laporan pekerjaan bulanan sering berubah tahun ini dalam beberapa hari setelah rilis data.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here