Harapan Stimulus fiskal yang memudar dan vaksin-19 membebani pasar ditengah pesatnya kasus baru Corona

EKSPOSISI NEWS – Dolar AS tetap di bawah tekanan meskipun suasana pasar bervariasi. Peluang memudar dari stimulus AS dan kesepakatan Brexit agak membebani pasar, dimana harga emas juga turun. Di sisi lain, mata uang komoditas memperpanjang kenaikannya, dipimpin oleh lonjakan harga minyak. Para pelaku pasar sejuah ini mengamati sentimen konsumen AS.

Sejauh ini, pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnel memberikan tanggapan dingin terhadap proposal baru oleh Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan RUU bipartisan, mengurangi kemungkinan kesepakatan. Langkah ini dilakukan meskipun ada lonjakan klaim pengangguran yang mencapai 853.000.  Pembicaraan di Washington sendiri berlanjut menjelang liburan akhir pekan.

Indeks Sentimen Konsumen awal Universitas Michigan untuk Desember ditetapkan untuk menunjukkan angka yang serupa dengan skor 76,9 November, yang berada di bawah bulan-bulan sebelumnya. Survei tersebut dilakukan saat AS melaporkan hari lain dengan lebih dari 3.000 kematian akibat Covid, dan saat rawat inap mencapai rekor baru.

Dalam perkembangan mengenai vaksin Covid-19, panel penasihat di Lembaga Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) merekomendasikan untuk menyetujui imunisasi virus korona buatan Pfizer – BioNTech, langkah ini membuka jalan untuk dilakukannya otorisasi dan penggunaan segera. Lampu hijau yang diharapkan mengikuti persetujuan dari Kanada dan Inggris sebelumnya.

Sementara pihak Sanofi dan GSK telah mengumumkan bahwa mereka akan menunda peluncuran kandidat vaksin mereka karena mereka berusaha untuk meningkatkan respons kekebalan pada orang tua.

Ditengah kabar positif soal vaksin ini, penyebaran virus terus membara. Di Inggris, London, Kent dan Essex telah mencapai tingkat insiden virus yang tinggi, meningkatkan ekspektasi bahwa ibu kota akan memasuki pembatasan Tingkat 3 minggu depan. Sementara kasus COVID-19 Jerman dan angka kematiannya telah mencapai rekor baru untuk gelombang ini. Negara terbesar di Eropa itu akan memperketat pembatasan menjelang Natal. Prancis mengubah beberapa aturan pengunciannya tetapi mempertahankan penutupan nasional karena infeksi berhenti menurun.

Bank Sentral Eropa menambahkan € 500 miliar ke skema pembelian obligasi, yang akan dijalankan hingga Maret 2022. Presiden ECB Christine Lagarde mengatakan bahwa jika kondisi membaik, bank dapat menahan diri dari menggunakan amplop penuh. Bahasa pada nilai tukar tetap tidak berubah, memungkinkan euro naik. Para pemimpin Uni Eropa menyetujui anggaran multi-tahun blok itu setelah menyelesaikan perselisihan dengan Hongaria dan Polandia.

Terkait BREXIT, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa tanpa kesepakatan sekarang menjadi “kemungkinan kuat” karena negosiasi berlanjut menjelang tenggat waktu hari Minggu. UE menerbitkan rencana darurat jika masa transisi berakhir pada akhir tahun tanpa kesepakatan.

Pada perdagangan komoditi, harga minyak Mentah WTI melakukan konsolidasi paska kenaikannya mendekati $ 47. Mata uang komoditas sedang naik daun pada hari Kamis dan telah memperpanjang kenaikan mereka pada hari Jumat. AUDUSD berada di atas 0,75 dan USDCAD mendekati 1,27.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here