Ketegangan dalam Perang Dagang akan berimbas pada permintaan minyak global. (Lukman Hqeem)
Ketegangan dalam Perang Dagang akan berimbas pada permintaan minyak global. (Lukman Hqeem)

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) ditutup naik pada perdagangan di hari Jumat (29/07/2022) ketika kekhawatiran resesi berlanjut dan para pedagang melihat sedikit prospek kenaikan pasokan yang berasal dari pertemuan OPEC+ minggu depan. Harga WTI untuk pengiriman September ditutup naik $2,20 menjadi $98,62, Marketwatch melaporkan. Harga minyak mentah Brent untuk kontrak bulan September, sebagai patokan harga global, terakhir terlihat naik $2,84 menjadi $109,98.

Kenaikan terjadi menjelang pertemuan minggu depan kelompok OPEC+, yang akan memutuskan tingkat produksi September. Meskipun telah meningkatkan kuota secara konsisten, hanya sedikit anggota grup yang mampu meningkatkan produksi.

Untuk menutup kesenjangan antara produksi aktual dan volume produksi yang disepakati semula, OPEC+ dapat memutuskan bahwa target produksi untuk September harus dinaikkan lagi. Ini akan memungkinkan Arab Saudi dan U.A.E. untuk lebih meningkatkan produksi mereka tanpa melanggar kesepakatan. Ini dapat memberikan tekanan pada harga Brent karena output tambahan akan meringankan situasi pasokan.

Mengutip sebuah sumber OPEC+, Reuters melaporkan bahwa grup tersebut sedang mempertimbangkan untuk membiarkan kuota tidak berubah untuk September.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here