Keputusan PBOC untuk menurunkan Giro Setoran Minum berimbas pada melorotnya bursa saham global.
People's Bank of China. (Istimewa)

China memangkas suku bunga pinjaman acuan 1 tahun tetapi tetap mempertahankan suku bunga acuan 5 tahun tidak berubah. Putusan ini membuat Dolar AS menguat kembali dan Dolar Selandia Baru (Kiwi) harus menyerahkan kenaikan yang diperoleh pada awal perdagangan Senin (21/08/2023), dimana kini pasangan NZD/USD tengah menguji level support utama.

Dalam putusannya, Beijing memangkas suku bunga pinjaman acuan satu tahun dipotong sebesar 10 basis poin, sedangkan suku bunga lima tahun dibiarkan tidak berubah, bertentangan dengan ekspektasi untuk pemotongan 15 basis poin untuk keduanya. Selama akhir pekan, China berjanji untuk mengoordinasikan dukungan keuangan untuk menyelesaikan masalah utang pemerintah daerah.

Keuangan pemerintah daerah yang memburuk akibat pelemahan berkepanjangan di sektor properti menyebabkan krisis kredit sejumlah pengembang. Pekan lalu, China secara tak terduga menurunkan suku bunga kebijakan utama untuk kedua kalinya dalam tiga bulan dalam upaya menghidupkan kembali pemulihan ekonomi pasca-Covid yang goyah, meningkatnya risiko deflasi, dan pengetatan kondisi kredit.

Beijing telah mengumumkan serangkaian langkah-langkah dalam beberapa bulan terakhir untuk meredam beberapa risiko penurunan ekonomi, termasuk pemotongan tolok ukur pinjaman utama, langkah-langkah yang ditargetkan terhadap sektor properti yang ditujukan pada sisi penawaran, dan menandakan akhir dari tindakan keras selama bertahun-tahun pada sektor teknologi. Banyak yang menunggu langkah-langkah tambahan untuk sektor properti yang kesulitan menangani sisi permintaan dan infrastruktur. China adalah mitra dagang terbesar Selandia Baru, dan setiap peningkatan dalam prospek pertumbuhan China menjadi pertanda baik bagi Kiwi.

NZD telah berkinerja buruk terhadap beberapa prospeknya di tengah memburuknya prospek pertumbuhan ekonomi Selandia Baru untuk tahun ini dan keyakinan bahwa suku bunga Selandia Baru telah mencapai puncaknya. Pekan lalu, Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) mempertahankan suku bunga tetap stabil, seperti yang diharapkan, tetapi sedikit terdorong ketika mengharapkan untuk mulai memangkas suku bunga hingga 2025.

Secara teknis, pasangan NZD/USD memang terlihat sudah mengalami oversold saat menguji support pada garis tren turun dari bulan Maret, sedikit di atas ujung bawah saluran tren turun dari awal tahun. Belum ada tanda-tanda pembalikan, dan NZD/USD perlu naik di atas terendah akhir Juni di 0,6050 agar tekanan ke bawah segera mereda.

Sementara pasangan GBP/NZD sedang menguji rintangan konvergensi utama di 2,10-2,20, termasuk rata-rata pergerakan 200 bulan, bertepatan dengan garis tren turun dari 2007, dan tertinggi 2020 di 2,18. Resisten ini sangat penting, dan penembusan yang menentukan di atas bisa membuka jalan menuju tertinggi 2015 di 2,46.

Pasangan AUD/NZD terus diperdagangkan menyamping, tetapi jauh di tepi bawah saluran garpu rumput naik dari tahun lalu. Kisaran yang lebih luas ditetapkan adalah 1,05-1,11, tetapi baru-baru ini kisaran telah menyempit menjadi 1,07-1,09. Penembusan di atas 1,11 atau penembusan di bawah 1,05 diperlukan agar AUD/NZD mulai tren.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini