Build Your Dreams (BYD), salah satu pelaku utama dalam industri Electric Vehicle (EV) global, hari ini meresmikan kehadirannya di Indonesia ditandai dengan peluncuran secara resmi jenama (brand) dan tiga produk inovatifnya secara bersamaan, yaitu SEAL, Atto 3, dan Dolphin. BYD berkomitmen mendukung terciptanya ekosistem tanpa emisi di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam peluncuran BYD di Jakarta pada Kamis (18/01/2024) memberikan sambutan melalui rekaman video.

General Manager BYD Asia-Pasifik, Liu Xueliang mengatakan “Hari ini merupakan momentum luar biasa bagi BYD karena secara resmi hadir untuk konsumen Indonesia untuk memberikan pilihan mobil-mobil energi baru yang inovatif dan memiliki manfaat yang berkelanjutan. Teknologi yang BYD miliki telah mendapatkan respon luar biasa dari konsumen global dan kami sangat antusias untuk mendapatkan respon positif dari pecinta otomotif di Indonesia,”

Sebagai pemimpin global industri New Energy Vehicle (NEV), pada peluncuran jenama dan produk perdana ini, BYD memperkenalkan tiga EV mutakhir  yaitu, BYD Seal, BYD Atto3 dan BYD Dolphin. Ketiga produk ini merupakan produk berenergi baterai yang unggul,  berkualitas tinggi, efisien, nyaman, dan ramah lingkungan, dan sudah teruji secara global dengan jumlah produksi yang tinggi dan pendistribusian kepada hampir 70 negara di dunia.

“Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif dalam mengadopsi tren, termasuk inisiatif untuk menurunkan emisi dengan penggunaan kendaraan listrik. Pemerintah Indonesia juga sangat responsif untuk mendukung perkembangan tersebut dengan regulasi yang dikeluarkan. Kami melihat hal ini sebagai suatu hal yang positif dan dengan inovasi teknologi yang kami miliki, BYD ingin berkontribusi mengembangkan perilaku masyarakat sebagai bagian dari ekosistem energi baru. Maka, mulai hari ini, konsumen di Indonesia memiliki pilihan kendaraan energi baru yang hadir secara proporsional dari segi inovasi teknologi, desain, fitur, kualitas, dan harga. Kehadiran BYD Dolphin, BYD Atto3, dan BYD Seal di Indonesia akan membuka pintu BYD sebagai bagian dari industri kendaraan elektrifikasi di Indonesia,” papar Eagle Zhao, President Director PT BYD Motor Indonesia.

Hadirnya tiga model EV secara sekaligus merupakan cara BYD untuk memberikan pilihan kepada konsumen yang memiliki selera tersendiri untuk mendukung mobilitas mereka. Hal ini juga dilakukan sebagai salah satu strategi dalam membangun pasar yang kuat di Indonesia.

Setelah peluncuran hari ini, BYD akan segera menemui konsumen dan siap menerima pre-booking BYD Dolphin, BYD Atto 3 dan BYD Seal, pada rangkaian eksibisi di Mall Kelapa Gading (19-21 January 2024), Pondok Indah Mall (24-28 January 2024), Summarecon Mall Serpong (31 Januari-4 Februari 2024) dan Central Park Mall (7-11 February 2024).

Masing-masing model memiliki keunggulan yang khas dengan kualitas tinggi yang menjadi standar BYD dan telah mendapatkan sertifikat Euro NCAP bintang 5. Hal ini membuktikan bahwa mobil BYD secara keseluruhan memiliki kinerja yang sangat baik dalam perlindungan tabrakan dan dilengkapi dengan teknologi penghindaran tabrakan yang komprehensif dan tangguh. Sebagai sumber energinya, ketiga model ini bergerak dengan energi baterai dari inovasi baterai blade yang diciptakan dan diproduksi secara mandiri oleh BYD.

Terinspirasi dari keindahan lautan, BYD Seal hadir untuk menjadi pilihan bagi pecinta sedan. Hadir dengan tampilan bagian depan berbentuk X yang sporty dan stylish. Kemewahannya juga dirasakan dengan adanya silver-plated panoramic roof yang membentang luas, crystal gear shift, serta Interior mewah dan luas yang menambah ruang gerak bagi penumpang di belakangnya. Kesan premium juga diperlihatkan dari lampu LED belakang yang boundless. Adanya BYD intelligence cockpit system membuktikan bahwa BYD Seal juga merupakan mobil yang berteknologi tinggi.

Berbeda dengan BYD Seal, BYD Atto 3 memiliki desain yang lebih aerodinamis dan sporty dengan interior modern dan unik yang ditampilkan dengan tarikan guratan garis ke atas. Karakter sporty pada BYD Atto 3 juga diperlihatkan melalui roda alloy yang dinamis, kokpit yang futuristik, interior yang luas, kompartemen bagasi yang besar, panorama full length, jok kulit berlapis, dan stereo Dynaudio 12 speaker. Secara keseluruhan BYD Atto 3 hadir dengan gaya premium namun tetap ramah pengguna.

Mengadopsi konsep desain ‘ocean aesthetics’, BYD Dolphin memiliki siluet dengan garis lipatan tajam dan kontur yang mengalir, sehingga memberikan karakter desain yang tegas dan elegan. Desain bodi dengan garis luar yang tegas, dan canggih dipadukan dengan garis lipatan tajam seakan memberikan kesan kontur yang mengalir, memproyeksikan ekspresi percaya diri dari. Desain lampu depan dan belakang dari BYD Dolphin terinspirasi dari gerakan dinamis lumba-lumba, lampu depan LED melintasi kisi-kisi tengah dan lampu belakang memberikan kesan gaya dan teknologi avant garde, suspensi yang futuristik menciptakan lingkungan berkendara yang modern membentuk permukaan melengkung yang indah, dinamis, dan minimalis.

Ketiga model yang kini resmi diluncurkan di Indonesia juga telah mendapatkan berbagai penghargaan. Pada penghujung tahun 2023, BYD Atto3 dinominasikan sebagai “VAB Family Car of the Year 2023”, BYD Dolphin dinominasikan sebagai “Best Buy Car of Europe 2024”, dan BYD Seal termasuk di antara tujuh finalis “European Car of the Year 2024 Award” dan telah diapresiasi secara global pada ajang iF Design Award. Seluruh pencapaian ini menjadi kebanggan yang sangat berarti dan menjadi bukti bahwa BYD memiliki tingkat desain yang superior dan inovatif, berkualitas berteknologi tinggi.

Dunia telah mengenal BYD sebagai perusahaan teknologi yang berkomitmen terhadap keberlanjutan lingkungan melalui berbagai produknya, termasuk kendaraan energi baru. Dedikasi BYD kepada bumi ditegaskan dengan inisiatif untuk mengurangi suhu bumi sebesar 1℃ melalui nilai-nilai perusahaan, yaitu excellence, pragmatism, passion, dan Innovation. Hal ini juga yang menjadi alasan Warren Buffet, pengusaha global asal Amerika Serikat, mendukung kegiatan bisnis dari BYD dengan kepemilikan saham.

Salah satu wujud komitmen BYD kepada lingkungan adalah melalui inovasi teknologi terkini yang diciptakan dan hanya dimiliki oleh BYD, yaitu e-platform 3.0. Inovasi e-platform 3.0 merupakan susunan baterai blade yang bertugas untuk meningkatkan kinerja EV agar memiliki tingkat keamanan dan durabilitas yang tinggi serta lebih efisien untuk jarak tempuh yang lebih jauh dari jenis baterai lainnya.

Masuknya BYD ke pasar Indonesia semakin memperkuat komitmen berkelanjutan BYD kepada lingkungan, terutama karena sejalan dengan visi dan misi pemerintah Indonesia dalam menekan emisi bahan bakar kendaraan. Sebagai bagian dari strategi perusahaan, BYD juga akan berkolaborasi dengan mitra lokal untuk membangun jaringan distribusi yang kuat agar dapat semakin mendekatkan diri kepada konsumen di Indonesia.

BYD sendiri bukan perusahaan kaleng-kaleng. Sejak didirikan pada tahun 1995, BYD dikenal sebagai salah satu pemeran utama dalam industri baterai, dengan reputasi yang dibangun melalui inovasi dan kualitas produknya.

Keunggulan BYD dalam teknologi baterai telah terbukti melalui berbagai kemitraan strategis dengan merek-merek terkemuka di berbagai sektor industri. Dengan fokus awal pada produksi baterai, BYD kemudian berkembang menjadi produsen mobil listrik dan komponen kendaraan elektrik yang inovatif.

Melalui upaya terus-menerus dalam riset dan pengembangan, BYD berhasil memperluas jangkauan produknya untuk mencakup berbagai sektor, dan seluruh jenis industri termasuk transportasi publik, truk listrik, kendaraan khusus, dan sistem new energy. Dengan visi untuk menciptakan dunia yang lebih hijau dan berkelanjutan, BYD terus menjadi pionir dalam menghadirkan solusi teknologi yang cerdas dan ramah lingkungan untuk memenuhi tuntutan masa depan.

Keberadaan BYD sudah melampaui beberapa zaman teknologi. Sejak perkembangan 1G hingga 5G, BYD memiliki kontribusi pada setiap era jaringan tersebut. Implementasinya terwujud pada saat menjadi penyedia lithium-ion battery bagi brand besar, seperti Motorola dan Nokia.

Bahkan BYD setidaknya berkontribusi sebanyak 20% komponen pada setiap smartphone yang ada di pasaran saat ini. Konsistensi inovasi teknologi BYD merupakan kunci dari segala hal yang dilakukan sejak tahun 1995, mulai dari memproduksi baterai hingga teknologi berkelanjutan lainnya. Dengan berbagai inovasinya produk energi barunya, BYD berkesempatan mendukung tren masyarakat dunia untuk berkontribusi mengurangi emisi karbon. Secara keseluruhan situasi ini berhasil melonjakkan penjualan BYD di tahun 2023 hingga 56%.

Berangkat dari visi BYD dalam membangun dunia yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, Warren Buffet seorang investor legendaris yang terkenal dengan pendekatan investasi nilainya, telah bekerja sama dengan BYD. Kerja sama dimulai tahun 2008 dengan penanaman modal oleh perusahaan investasi milik Warren Buffet, Berkshire Hathaway. Adanya investasi ini mengukuhkan BYD merupakan perusahaan yang baik secara fundamental dengan inovasi teknologinya.

Sebagai pelopor dalam teknologi New Energy Vehicle (NEV), BYD memiliki sejarah pencapaian global yang mengesankan. Per Tahun 2023, produksi NEV BYD secara global mencapai 3.045.231 unit dengan peningkatan sekitar 62.24% dari tahun sebelumnya. Bahkan pada tahun yang sama, BYD juga dan memecahkan rekor penjualan, yaitu sebesar 3.024.417 unit NEV.

Salah satu inovasi termutakhir dari BYD adalah Blade Battery yang teknologinya sudah dipatenkan.  Baterai ini memiliki keunggulan jarak tempuh yang dapat mencapai 600 km dan tingkat keamanan yang sangat tinggi sehingga tidak mengeluarkan api dan gas bila terjadi gesekan atau dihancurkan.

Pada tahun 2022, BYD Group memutuskan untuk membangun bisnis produksi baterai yang lebih mandiri dengan meresmikan FinDreams Battery. Pabrik Baterai FinDreams yang merupakan kunci dari produksi baterai perusahaan BYD dengan pusat riset dan pengembangan di tiga lokasi di China, yaitu Chongqing, Shanghai, dan Shenzhen. Di sini, tim riset dan pengembangan baterai BYD melakukan berbagai inovasi untuk menciptakan teknologi yang lebih ramah lingkungan dan lebih canggih.

Saat ini terdapat 30 kawasan industri BYD di seluruh dunia dengan luas total hingga 18 juta meter persegi. Beberapa diantaranya berlokasi di luar China seperti seperti di Amerika, Brazil, Jepang, Hongaria, India dan Thailand. Seluruh pabrik BYD menerapkan praktik keberlanjutan melalui penerapan energi baru. Total produksi delapan mega factory yang dimiliki BYD  pada tahun 2023 telah mencatatkan rekor produksi EV dan PHEV sebanyak 6.000.000 unit untuk didistribusikan ke seluruh dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini