Indeks berjangka utama AS saat ini mengarah ke pembukaan yang sedikit lebih rendah pada hari perdagangan di hari Selasa (29/08/2023), dimana saham-saham cenderung bergerak kembali ke sisi bawah setelah mengakhiri sesi sebelumnya sebagian besar lebih tinggi. Dalam perdagangan sebelumnya, bursa saham AS menetap dengan kuat di wilayah positif meskipun terjadi beberapa perubahan besar sepanjang sesi hari ini.

Indek saham utama semuanya ditutup lebih tinggi. Dow Jones ditutup dengan kenaikan 213,18 poin atau 0,62 persen pada 3.560,08. S&P 500 berakhir naik 27,57 poin atau 0,63 persen pada 4.433,28, sedangkan Nasdaq naik 114,48 poin atau 0,84 persen pada 13.705,13.

Saham 3M Co. naik lebih dari 5 persen. Saham menguat setelah laporan dari Bloomberg News mengatakan perusahaan tersebut untuk sementara setuju untuk menyelesaikan lebih dari 330,000 tuntutan hukum terkait dengan kerusakan penyumbat telinga.

Goldman Sachs naik sekitar 1,8 persen. Saham Wells Fargo naik 1,6 persen, sementara American Express dan Citigroup membukukan kenaikan moderat. Platform Meta naik 1,7 persen. Alphabet dan Apple sama-sama menguat hampir 1 persen. Microsoft berakhir sedikit naik. Boeing naik 1,8 persen. Saham Nvidia naik sekitar 1,8 persen. Tesla naik hampir 1 persen.

Intel, Salesforce.com, Walt Disney, Home Depot, Nike, Honeywell International, Caterpillar, Chevron dan Verizon berakhir lebih tinggi sebesar 0,6 hingga 1,2 persen. Johnson & Johnson, Merck dan Walgreens Boots Alliance berakhir lebih rendah sebesar 0,8 hingga 1,2 persen.

Pada perdagangan di sesi Asia, bursa saham Asia berakhir lebih tinggi di tengah sentimen positif yang berasal dari harapan jeda The Fed dan langkah-langkah stimulus Tiongkok. Pasar menantikan serangkaian data ekonomi utama dari AS dan Tiongkok pada minggu ini untuk mendapatkan petunjuk tambahan mengenai tingkat suku bunga dan prospek ekonomi.

Saham-saham Tiongkok naik karena ekspektasi bahwa para pengambil kebijakan akan mengumumkan langkah-langkah yang lebih mendukung untuk mendukung perekonomian yang terpuruk. Indeks acuan Shanghai Composite naik 1,20 persen menjadi 3,135.89 menjelang rilis data indeks manajer pembelian (PMI) resmi dari Tiongkok untuk bulan Agustus akhir pekan ini.

Indeks Hang Seng Hong Kong melonjak 1,95 persen menjadi 18.484,03, dengan saham-saham teknologi dan real estat mencatatkan kenaikan. Saham pengembang properti Country Garden melonjak 12,4 persen setelah hasil semester pertama menunjukkan beberapa perbaikan dalam beberapa rasio kinerja utama. Produsen kendaraan listrik BYD melonjak 4,8 persen setelah labanya pada enam bulan pertama tahun 2023 meningkat tiga kali lipat.

Saham Jepang naik tipis karena yen terus melemah dalam perdagangan yang tenang. Rata-rata Nikkei naik tipis 0,18 persen menjadi 32,226.97 sedangkan indeks Topix menetap 0,16 persen lebih tinggi pada 2,303.41. Tokyo Electric Power melonjak 5,3 persen setelah tidak ada kelainan yang terdeteksi pada sampel air laut yang diambil dari sekitar kompleks nuklir Fukushima di pesisir pantai yang lumpuh. Produsen mobil Toyota Motor mengakhiri sesi berombak sedikit lebih rendah setelah menghentikan produksi di 12 pabrik karena kegagalan sistem.

Investor mengabaikan data yang menunjukkan bahwa tingkat pengangguran Jepang naik untuk pertama kalinya dalam empat bulan pada bulan Juli.

Saham-saham di Seoul sedikit naik, dengan rata-rata Kospi naik 0,34 persen menjadi 2,552.16 menjelang data ekonomi utama, termasuk PDB AS dan pengangguran serta PMI manufaktur Tiongkok, yang akan dirilis minggu ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini