EksposisiNews – Gashuku yang dalam bahasa Jepang berarti “belajar” dan “menginap” adalah sebuah kegiatan belajar sambil menginap di satu tempat tertentu. Tujuannya adalah agar sebuah kegiatan, apakah itu dalam bentuk  bimbingan, atau latihan dapat diadakan lebih terfokus, penuh konsentrasi, dengan waktu yang lebih panjang.

Bagi suatu seni bela diri, tentu tidak asing lagi di mana seorang praktisi bela diri berlatih di alam bebas pegunungan, begitu pula dengan unit kegiatan taekwondo, akan berkesempatan untuk menikmati sensasi nyata dari latihan di alam bebas.

Boyke Djohan Buka Kegiatan ‘Gashuku Bersama’ Taekwondo 1

“Saya sangat bangga menyambut gembira kegiatan ‘Gashuku Bersama’ Taekwondo ini, “ kata Boyke Djohan, Ketua Umum Golden Tiger Taekwondo Club, saat membuka kegiatan ‘Gashuku Bersama’ Taekwondo yang digelar di Cisarua, Bogor, 4 – 5 Desember 2021.

Lebih lanjut, Boyke Djohan menerangkan, meski di bawah hujan lebat dan kabut tebal yang menyelimuti selama acara berlangsug, tapi tetap semangat mengikuti. “Semangat inilah yang membuat saya sangat bangga dan tersebut menyambut gembira kegiatan ‘Gashuku Bersama’ Taekwondo ini,” terangnya.

Boyke Djohan Buka Kegiatan ‘Gashuku Bersama’ Taekwondo 2

Menurut Boyke Djohan, Gashuku merupakan suatu kegiatan yang dapat menjadi sarana untuk berlatih dan rekreasi. “Bagi yang belum akrab dengan istilah tersebut, dapat secara sederhana mengartikannya sebagai latihan alam, “ paparnya.

Boyke Djohan berharap kegiatan ‘Gashuku Bersama’ Taekwondo dengan berlatih di alam bebas, diharapkan tercapai keselarasan dengan alam dan merasakan perbedaan dengan latihan di tempat biasa. “Berlatih dalam suasana pegunungan yang memiliki kadar oksigen lebih tipis, metabolisme akan dipacu ke tingkat yang lebih tinggi, semoga dapat memacu kita untuk tetap bersemangat dan tetap berusaha keras.” tegasnya.

Boyke Djohan Buka Kegiatan ‘Gashuku Bersama’ Taekwondo 3

Gashuku diadakan juga bersamaan dengan G Bhagasasi Taekwondo Club peserta ujian Kenaikan Tingkat, GEUP, POOM dan DAN. Juga pelatihan fisik mental yang tetap berjalan di bawah hujan lebat dan kabut tebal yang menyelimuti selama acara berlangsug yang berjalan dengan sukses .

Gashuku Bersama dipimpin langsung oleh Master Gideon (DAN 5) yang juga Ketua Umum G Bhagasasi 12 bersama dengan Sabeumnim Jerry Setiawan (DAN 4) yang juga Wakil Ketua Umum GTTC. Adapun, sebagai penguji dari peserta ujian dipimpin langsung oleh Master Gilles (DAN 7)

Boyke Djohan Buka Kegiatan ‘Gashuku Bersama’ Taekwondo 4

‘Gashuku bersama’ ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai club Taekwondo dan didukung penuh oleh Perkumpulan 234 Siliwangi Complex. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here