Joe Biden

Eksposisi News – Proposal Presiden terpilih AS Joe Biden untuk mengalirkan $ 1,9 triliun ke dalam ekonomi yang tertatih-tatih dapat meletakkan dasar bagi lonjakan lapangan kerja dan pengeluaran yang menurut banyak ekonom diperlukan untuk menghindari kerusakan jangka panjang dari resesi pandemi yang memecahkan rekor.

Analis sudah mulai menaikkan perkiraan mereka untuk pertumbuhan ekonomi tahun ini setelah pemilihan pekan lalu di Georgia menyerahkan kendali kedua majelis Kongres kepada Partai Demokrat. Namun, banyak yang telah membuat penilaian paket yang lebih kecil, lebih sejalan dengan stimulus $ 892 miliar yang disahkan pada bulan Desember.

Menghabiskan banyak uang untuk peluncuran vaksin, pengujian, dan untuk menopang pemerintah negara bagian dan lokal di garis depan upaya tersebut dapat membantu mengakhiri lebih cepat krisis perawatan kesehatan negara, yang tetap menjadi akar krisis ekonomi. Paket yang diusulkan pemerintahan Demokrat yang akan datang memberikan bantuan yang ditargetkan yang menurut para ekonom memberikan dorongan ekonomi paling efektif, termasuk peningkatan tunjangan mingguan tambahan saat ini untuk pengangguran, menjadi $ 400 dari $ 300.

Paket stimulus ini juga akan mengarahkan $ 170 miliar untuk membuka kembali sekolah, yang penutupannya di banyak bagian negara telah memaksa jutaan pekerja, terutama wanita, meninggalkan pekerjaan mereka. Paket ini termasuk akan memberikan tambahan $ 1.400 ke tangan kebanyakan orang Amerika – uang yang dapat dihabiskan untuk sewa atau makanan bagi mereka yang membutuhkannya, atau disimpan untuk berbelanja secara royal pada perjalanan atau makan di akhir tahun setelah distribusi vaksin yang lebih luas memungkinkan kehidupan sehari-hari untuk kembali mendekati normal.

Pengeluaran baru datang pada saat kritis bagi ekonomi terbesar di dunia. Kebangkitan COVID-19 musim dingin mengirim pasar tenaga kerja yang sebagian pulih ke mundur bulan lalu karena pengusaha kehilangan 140.000 pekerjaan, terutama posisi berpenghasilan rendah di restoran, bar, dan industri layanan sentuh lainnya.

Semua mengatakan paket baru, yang masih harus dipilih oleh Kongres, akan menghasilkan $ 5,2 triliun dari total stimulus fiskal yang dikirimkan ke ekonomi AS sejak krisis dimulai, setara dengan sekitar seperempat dari output ekonomi tahunan AS.

Itu adalah dorongan yang cukup bagi ekonomi untuk memulihkan semua penurunannya dari resesi COVID-19 pada kuartal ketiga tahun ini, ekonom Moody, Ryan Sweet memperkirakan. Namun, dia menambahkan, “pemulihan di pasar tenaga kerja akan memakan waktu lebih lama.”

Rencana Joe Biden akan disambut di Federal Reserve, di mana beberapa pejabat khawatir akhir tahun lalu tentang respons fiskal yang berkurang terhadap krisis. Di hari-hari terakhirnya sebagai presiden, Donald Trump dari Partai Republik telah mencurahkan sebagian besar energinya untuk upaya yang gagal untuk memperebutkan hasil pemilihan November dan tidak terlibat secara ekstensif dalam paket bantuan yang lebih kecil yang disahkan sebelum akhir tahun.

Sebelumnya pada Kamis (14/01/2021), Gubernur Federal Reserve Jerome Powell mencatat bahwa pengeluaran pemerintah yang awal dan kuat telah membantu menyelamatkan ekonomi dari nasib yang jauh lebih mengerikan. Dari sini jelas bahwa The Fed tidak akan menanggapi pengeluaran tambahan pemerintah seperti yang terjadi pada pemotongan pajak di bawah Trump, dengan perlahan-lahan mengetatkan kebijakan moneter.

Sekarang bukan waktunya untuk berbicara tentang keluar,” kata Jerome Powell, mengacu pada kebijakan moneter super mudah The Federal Reserve yang mencakup program pembelian obligasi besar-besaran dan suku bunga yang diperkirakan akan tetap mendekati nol selama bertahun-tahun.

Saat itu, ekonomi telah bertahun-tahun memasuki apa yang akan terbukti sebagai ekspansi sepanjang rekor, dan dengan pasar tenaga kerja yang meningkat, stimulus tambahan dipandang berpotensi memanaskan ekonomi secara berlebihan. Tidak demikian sekarang, dengan 10,7 juta dan meningkat dari pekerjaan dan tingkat pengangguran 6,7%, hampir dua kali lipat tingkat sebelum pandemi.

The Federal Reserve telah berjanji untuk mempertahankan suku bunga pada tingkat mendekati nol saat ini sampai inflasi mencapai dan berada di jalur yang melebihi 2%, dan ekonomi mencapai lapangan kerja penuh. Stimulus tambahan besar-besaran dalam menghadapi Fed yang diam menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian orang bahwa ledakan ekonomi akhir tahun ini dapat mendorong harga tidak nyaman atau harga aset yang lebih mahal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here