31.1 C
Jakarta
Minggu, 26 September 2021
advertisement
blog

Disbud Kota Yogyakarta Gelar Musikal Hanacaraka Bersama Garin Nugroho

Muskal Hanacaraka Sutradara Garin Nugroho

EksposisiNews, Yogyakarta – Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menggelar Musikal Hancaraka. Ini merupakan perhelatan yang dibuat untuk mengimplementasikan kegiatan festival sastra dalam rangka pembinaan dan pengembangan bahasa dan sasta di Yogyakarta pada 2021.

Perbankan Amerika Cukup Sehat Lawan Resesi

Perbankan AS Cukup Sehat Lawan Resesi

Eksposisinews – Hasil stress test the Fed menunjukkan bank-bank besar Amerika Serikat masih mampu menahan gempuran resesi global setelah sebelumnya otoritas keuangan tertinggi di AS tersebut mengeluarkan kebijakan temporal untuk membatasi pembayaran dividen dan pembelian kembali saham-saham perbankan besar yang rencananya berakhir pada 30 Juni nanti.

Stress test yang dilakukan terhadap 23 perbankan yang dianggap besar, meliputi Bank of America, JP Morgan Chase, Citibank dan lain-lain dinilai sanggup menyerap jumlah kerugian kumulatif hingga $474 miliar di tengah-tengah resesi global dan memuncaknya tingkat pengangguran AS sebesar 10,75%.

Untuk menangkal efek dari pandemi Covid-19, the Fed membatasi jumlah pembayaran bonus atau payout perbankan untuk mempertahankan kewajaran modal.

Menurut Randal Quarles, Ketua the Fed bagian pengawasan, ini bukan kali pertama the Fed melaksanakan stress test, total ada 3 kali percobaan yang dilangsungkan sejak tahun lalu menggunakan skenario resesi yang berbeda dan semuanya menyatakan sistem perbankan cukup kuat untuk menopang pemulihan ekonomi.

Salah satu alasan sehatnya perbankan AS berkat dukungan dari the Fed dan Kongres. Dukungan pemerintah memungkinkan perbankan mengumpulkan modal di tahun 2020 karena ketika stress test dilakukan tahun lalu tanpa sokongan kedua institusi tersebut, bank kekurangan modal tapi tidak sampai ke tingkat yang dapat memicu ketidakstabilan keuangan.

Stress test sendiri dilakukan dengan cara memberi hantaman keras kepada perbankan untuk melihat apa yang terjadi kepada modal mereka. Hasil simulasi tersebut dapat memberi gambaran yang jelas tentang kondisi sektor perbankan dan memberi data kepada the Fed dalam menentukan kebijakan moneter khususnya terhadap sektor perbankan.

Investor Ambil Untung Jelang Pergantian Tahun

Investor Ambil Untung Jelang Pergantian Tahun
Investor Ambil Untung Jelang Pergantian Tahun

Eksposisinews – Bursa Asia diperdagangkan kembali melemah setelah investor diduga melakukan aksi ambil untung jelang pergantian tahun.

Diperkirakan aksi-aksi serupa masih akan terjadi mengingat begitu banyak spekulasi yang beredar di pasar. Dari Amerika dilaporkan, voting senat terkait dengan pencairan dana stimulus tertunda.

Pasar cukup optimis akan kondisi perekonomian global setelah beberapa negara mulai mengkampanyekan imunisasi Covid-19 dan bantuan stimulus Amerika Serikat untuk mendongkrak perekonomian nasional.

Bursa Australia dilaporkan melemah 0,79%, Nikkei Jepang melemah 0,03%. Indeks Hang Seng menguat 0,11%. Bursa AS tadi malam juga melemah karena belum ada kepastian stimulus.

Untuk beberapa bulan ke depan, dolar diperkirakan akan melemah karena pemulihan ekonomi yang terjadi tahun depan akan memicu investor berhenti mengejar aset-aset aman seperti dolar dan memilih ambil risiko untuk meraih profit. Dolar melemah terhadap mata uang major sampai 0,29% dan dolar index berada pada level 89,982.

Dari pasar mata uang, euro dilaporkan stabil di $1,2255 setelah sebelumnya sempat memuncaki level $1,2275. Aussie bergerak flat diangka $0,7609, sterling diperdagangkan di $1,3500. Yen terkoreksi pada level 103,55.

Seiring melemahnya dolar, emas kembali bersinar dan kokoh dilevel $1,877,11 per ounce. Minyak West Texas diperdagangkan menguat pada level $48,11 per barrel karena muncul spekulasi paket simulus Covid-19 akan menaikkan permintaan akan minyak mentah dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Pelaku Industri Perjalanan dan Biro Wisata Sumatera Barat, Bergabung Ke ASITA Artha Hanif

EksposisiNews – Berpegang pada mandat dari Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) ASITA Artha Hanif, akhirnya Sekretaris DPP ASITA Arlan Dikusnata yang membentuk Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ASITA Sumatera Barat pada Kamis (16/09/2021). ASITA yang dimaksud adalah organisasi bidang pariwisata yang berdiri berdasarkan akta nomor 152 tahun 2021.

Kampanye Negatif Tentang BPA Dalam Galon Air Guna Ulang Harus Dihentikan

EksposisiNews, Jakarta – Akhir-akhir ini ada pihak-pihak yang secara sengaja menyebarkan narasi negatif yang salah dalam mempersepsikan migrasi Bisfenol A (BPA) yang ada dalam kemasan galon guna ulang berbahan polikarbonat. Penyebaran informasi negatif tersebut disesalkan oleh Kemenperin, pakar polimer, pakar keamanan pangan, dokter kandungan dan dokter anak. Penyebaran narasi berbau hoaks ini diminta agar segera dihentikan.

BI Pertahankan Suku Bunga, Sesuai Perkiraan

Penguatan Rupiah - BI Waspadai

EksposisiNews, Jakarta – Bank sentral Indonesia mempertahankan suku bunga acuannya tidak berubah pada rekor terendah pada hari Selasa karena berusaha untuk terus mendukung ekonomi setelah gelombang COVID-19 yang menghancurkan baru-baru ini tanpa menambah tekanan pada mata uang rupiah.

Harga Emas Menurun Tipis, Investor Menunggu Pertemuan Bank Sentral AS

Harga Emas

EksposisiNews, Jakarta – Harga emas melemah pada perdagangan di hari Selasa (21/09/2021) karena investor yang berhati-hati bersiap untuk menyimak panduan Federal Reserve AS tentang pengurangan aset dan kenaikan suku bunga, sementara sentimen risk-off yang dipicu oleh krisis utang China Evergrande membatasi kerugian pada logam safe-haven. Pada perdagangan emas di pasar spot, harganya turun tipis 0,2% menjadi $1.760,80 per troy ons pada 13:45 WIB, sementara emas di bursa berjangka AS datar saja di $1.762,10.

Minyak Sawit Dari Apical Tidak Mengandung Kolesterol

APICAL

EksposisiNews, Jakarta – Masih sedikit masyarakat yang tahu bahwa minyak goreng dari sawit mampu memberikan keuntungan bagi kesehatan. Padahal, minyak goreng sawit memiliki komposisi yang seimbang antara kandungan asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh.

Perwakilan Eropa Inisiasi Bersih-bersih Pantai

Eksposisi - Duta Besar Delegasi Uni Eropa Bersih-bersih Pantai

EksposisiNews, Jakarta – Kegiatan bersih-bersih pantai saat ini sedang berlangsung di Indonesia, sebagai bentuk aksi nyata dalam melakukan perlindungan laut. Delegasi Uni Eropa menginisiasi kegiatan #EUBeachCleanup pada 17 September, bertepatan dengan Hari Pembersihan Sedunia dengan tema “Together to Protect Marine Life”.

FKBN Lepas Team Softball Putra DKI Jakarta Siap Berangkat ke PON XX Papua 2021

EksposisiNews – Forum Kader Bela Negara (FKBN) sebagai organisasi kemasyarakatan yang resmi di bawah Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI) selalu menunjukkan bakti negeri dalam segala bidang. Kali ini, dalam bidang olahraga, FKBN melakukan kegiatan motivasi dengan melepas Team Softball Putra DKI Jakarta yang terdiri dari para atlet, pelatih, hingga manager yang siap akan berangkat ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Kepala Badan Koordinator Pusat Forum Kader Bela Negara (FKBN) Boyke Djohan optimis dan menyemangati Team Softball DKI Jakarta untuk dapat meraih medali emas. Berdasarkan statistik, Team Softball DKI Jakarta memang seringkali menang di ajang olahraga tertinggi di Tanah Air.

FKBN Lepas Team Softball Putra DKI Jakarta Siap Berangkat ke PON XX Papua 2021 1

“Atlet Ibu Kota selalu menjadi barometer atlet dari seluruh daerah di Indonesia, jadi pesan saya tunjukkan kelas kalian sebagai atlet-atlet Ibu Kota, kasih pembelajaran kepada semua atlet daerah bahwa inilah permainan softball, “ kata Kepala Badan Koordinator Pusat FKBN Boyke Djohan di depan Team Softball Putra DKI Jakarta, di Griya Prapanca Apartement, Jl. Pangeran Antasari No. 14 Cipete Utara, Kebanyoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (17/9/2021) malam.

Lebih lanjut, Boyke, menerangkan FKBN memberi motivasi pada Team Softball DKI Jakarta untuk dapat merebut medali emas. “Medali emas tak hanya jadi kebanggaan, tapi juga bisa meningkatkan karier kalian sebagai atlet nasional, “ terang Kepala Badan Koordinator Pusat FKBN, yang juga Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Perkumpulan 234 Siliwangi Complex dan Ketua Bidang Kelembagaan Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT), sekaligus Ketua Umum Golden Tiger Taekwondo Club.

FKBN Lepas Team Softball Putra DKI Jakarta Siap Berangkat ke PON XX Papua 2021 2

Boyke mendorong atlet agar semangat dalam bertanding. “Tunjukkan prestasi terbaik kalian pada pelatih maupun manager bahwa kalian memang pantas menjadi atlet Ibu Kota yang mendaatkan emas, “ ucapnya optimis mantap penuh semangat.

Di tempat yang sama, Rafli Mustafa, kepala pelatih Team Softball Putra DKI Jakarta, menyampaikan persiapan team yang dibina sudah cukup lama. “Persiapan yang kami lakukan sudah cukup lama karena dampak Pandemi Covid-19 sehingga harus ditunda, dimana semestinya PON XX diselenggarakan tahun 2020 tapi baru akan digelar tahun 2021, “ katanya.

Sebagai kepala pelatih, Rafli menargetkan Team Softball Putra DKI Jakarta meraih emas. “Untuk meraihnya memang penuh perjuangan yang cukup berat, tapi kami akan berusaha keras dan berjuang sebaik-baiknya agar dapat meraih emas, “ bebernya.

FKBN Lepas Team Softball Putra DKI Jakarta Siap Berangkat ke PON XX Papua 2021 3

Rafli menyebut formasi Team Softball Putra DKI Jakarta sekarang adalah team inti yang terdiri 15 atlet. “Team inti ini kami bentuk pra kualifikasi PON dengan seleksi ketat dari sekitar 25 atlet menjadi 15 atlet yang terpilih menjadi team inti, “ paparnya.

Menurut Rafli, Team Softball Putra DKI Jakarta selalu meraih medali emas, kecuali pada PON 1989 pernah mengalami kekalahan di final dengan Team Jawa Barat. “Tapi PON tahun 2021 ini, kami sangat optimis dapat merebut medali emas, “ tegasnya.

Adapun, Kombes Pol Syahrial M Said, manager Team Softball Putra DKI Jakarta, menyampaikan kesiapan team yang dibinanya. “Pada prinsipnya, saya sebagai manager melihat persiapan Team Softball Putra DKI Jakarta sudah cukup prima, mudah-mudahan tetap stabil prima sehingga dapat bertanding dengan hasil memuaskan dengan mendapat medali emas, “ katanya.

Syahrial yang pengalaman bertugas di Papua tentu sangat mengenal medan dan alam Papua. “Kami memotivasi team penuh semangat tinggi, kami juga menganjurkan pada team agar dua hari sebelum berangkat harus minum obat malaria, dengan catatan apabila ada maag makan duu, begitu juga kalau ada yang asma sebaiknya dosis obat malarianya dikurangi, pokoknya kita pantau team dengan sangat ketat, “ tegasnya.

FKBN Lepas Team Softball Putra DKI Jakarta Siap Berangkat ke PON XX Papua 2021 4

Saat ini, kata Syahrial, Team Softball Putra DKI Jakarta sedang melakukan pembekalan. “Semacam mental treatment buat atlet untuk bertempur di Papua, sentuhansentuhan mental dari team psikolog dar KONI, “ ujarnya.

Menurut Syahrial, Team Softball Putra DKI Jakarta yang dibinanya sebagian pernah ada yang terkena Covid-19. “Tapi alhamdulillah sekarang sudah sembuh, dan siap bertanding, “ tuturnya penuh rasa syukur.

Syahrial optimis team yanag dibinanya dapat meraih emas. “Saya memotivasi terus Team Softball Putra DKI Jakarta agar tetap optimis dapat meraih emas, “ pungkasnya sumringah.

Rencananya keberangkatan Team Softball Putra DKI Jakarta pada tanggal 19 September 2012. Adapun, pertandingan softball PON XX Papua 2021 dijadwalkan antara tanggal 22 September sampai dengan 5 Oktober 2021.

AmPm Bikin #jakartague Challenge Buat TikTokers Indonesia Berhadiah Jutaan Rupiah

Sebagai seniman, inspirasi bisa datang dari mana saja. Terkadang dari pengalaman yang sudah cukup lama, karena kesannya begitu membekas di hati, bisa terus menjadi sumber inspirasi yang tidak pernah habis untuk digali. Itulah yang terjadi pada AmPm (baca: Ampam). Berkunjung ke Jakarta menjadi satu pengalaman yang berkesan. Pada 10 September 2021, AmPm pun mengedarkan lagu ‘Jakarta’.

AmPm Bikin #jakartague Challenge Buat TikTokers Indonesia Berhadiah Jutaan Rupiah 5

Sebagai perpanjangan ekspresi kecintaan mereka terhadap kota Jakarta dan juga bersamaan dengan peluncuran single ‘Jakarta’, duo kreatif asal Jepang ini menggandeng TikTok Indonesia untuk menggelar challenge seru tentang Jakarta. AmPm ingin mengajak sekaligus melihat sisi lain kota Jakarta melalui video-video yang berpartisipasi dalam challenge yang diberi tema #jakartague.

Berikut adalah detail dari kampanye ini.

Nama kampanye: #jakartague Challenge

Periode kampanye: 17 September 00:00 ~ 16 Oktober 23:59 (1 bulan)

Tema:

Tunjukkan arti Jakarta buat kamu di #jakartague challenge untuk merayakan perilisan lagu baru AmPm yang berjudul “Jakarta”. Upload video di TikTok yang menunjukkan tempat trendy, tempat kenangan, pemandangan, bangunan, alam, toko, orang-orang atau apapun boleh selama itu menggambarkan Jakarta bagi kalian sambil menggunakan lagu “AmPm Jakarta” beserta hashtag #jakartague #AmPm

Syarat ikutan:

・Upload video di TikTok yang menggambarkan Jakarta bagi kamu selama periode kampanye

・Video harus menggunakan lagu “AmPm – Jakarta”

・Video harus mencantumkan hashtag #jakartague dan #AmPm

Hadiah:

・Setelah periode berakhir, AmPm akan memilih 6 orang pemenang 

    untuk memenangkan total hadiah Rp 2.000.000,-

・1 orang pemenang akan mendapatkan hadiah utama yaitu Rp 1.000.000,- 

    dan videonya akan digunakan sebagai Spotify Canvas lagu AmPm

・5 orang pemenang lain akan mendapatkan hadiah tambahan yaitu Rp 200.000,-

Single ‘Jakarta’ merupakan konfirmasi dari AmPm sebagai artis internasional yang secara terang-terangan terinspirasi dengan Jakarta sehingga memilih Jakarta sebagai judul lagu dalam karya mereka.

“Saat tampil di Spotify Stage 2017, kami adalah artis pertama yang tampil. Sebelumnya, ada pemutaran Lagu Kebangsaan Indonesia dan semua penonton ikut bernyanyi. Melihat situasi seperti itu, kami cukup terkejut dan tidak tahu akan seperti apa penerimaannya terhadap penampilan kami sebagai artis baru. Tetapi, sambutannya benar-benar di luar dugaan. Penonton sangat welcoming dan juga ikut menyanyikan lagu kami dengan antusias. Energi penonton yang tinggi itu bisa kami rasakan di panggung. Kami ingin membalas balik antusiasme para penonton Indonesia di masa depan,” ungkap AmPm.

Selain antusiasme penonton Jakarta, AmPm menganggap Jakarta sebagai kota penting dalam karir mereka karena Jakarta menjadi kota pertama dimana mereka tampil di panggung besar seperti di Spotify Stage. AmPm memulai debutnya di bulan Maret 2017. “Namun, 5 bulan kemudian, kami tampil di panggung besar Spotify Stage di Jakarta. Kami berpikir tidak akan banyak yang tahu tentang lagu kami karena, sadar lah, kami kan artis baru. Namun, saat tampil, penonton tahu lagu kami dan mereka menyanyi bersama. Momen itu sangat berkesan buat kami!”

AmPm tidak memungkiri jika mereka berkeinginan untuk bisa kembali lagi ke Jakarta.

“Momen kami bisa ke Jakarta adalah momen yang menggembirakan. Saat tampil, kami melihat penontonnya sangat antusias. Sebenarnya, sebelum pandemik, kami mempunyai rencana untuk ke Indonesia lagi. Jadi, belum kesampaian. Tapi, di masa mendatang, jika ada kesempatan, kami tentunya akan senang bisa berkunjung kembali dan mudah-mudahan bisa bekerja sama dengan musisi Indonesia.”

Jangan lupa cek halaman kampanye #jakartague serta follow akun TikTok AmPm di link berikut ya!

#jakartague Challenge TikTok page: https://www.tiktok.com/tag/jakartague

Follow AmPm on TikTok: https://www.tiktok.com/@ampm_tokyo?

Inflasi Inggris Sentuh Level Tertinggi 9 Tahun

Inflasi

Eksposisi – Inflasi Inggris menyentuh level tertingginya di lebih dari sembilan tahun terakhir di bulan lalu setelah lonjakan bulanan terbesar dalam laju tahunan setidaknya dalam 24 tahun. Kenaikan ini diyakini karena satu dorongan yang mencerminkan skema “Eat Out to Help Out” yang mendorong turunnya harga makanan di restoran tahun lalu.

Harga konsumen Inggris naik 3,2% pada basis tahunan di bulan lalu setelah kenaikan 2,0% pada Juli, laju inflasi tertinggi sejak Maret 2012, kata Kantor Statistik Nasional.

Kenaikan 1,2 persentase poin pada tingkat tahunan dalam waktu satu bulan ini menandai peningkatan paling tajam sejak pencatatan terperinci dimulai pada tahun 1997. Dalam jajak pendapat Reuters ekonom menunjukkan inflasi berada di angka 2,9% untuk Agustus.

Inflasi Tahunan Inggris

“Sebagian besar (kenaikan) ini kemungkinan bersifat sementara karena tahun lalu harga di restoran dan kafe turun secara substansial karena skema ‘Eat Ot to Help Out’, sementara tahun ini harga naik,” kata ahli statistik ONS Jonathan Athow.

Pada Agustus 2020, pemerintah menawarkan diskon 50% kepada pengunjung hingga 10 pound ($13,82) per kepala untuk makanan antara Senin dan Rabu untuk memulai ekonomi dan mendorong kembali masyarakat untuk membelanjakan uang setelah penguncian pandemi.

Harga restoran mewakili lebih dari setengah kenaikan 1,2 persentase poin dalam inflasi utama bulan lalu.

Namun, kenaikan inflasi yang lebih tajam dari perkiraan ini akan menjadi perhatian pembuat kebijakan Bank of England yang mempertimbangkan apakah akan mengakhiri lebih awal rencana stimulus yang diluncurkan pada puncak pandemi COVID-19 tahun lalu.

Program ‘Kamu Hebat’ Bagikan Paket Sembako untuk Seniman Musik

EksposisiNews – Pandemi Covid-19 yang sudah dua tahun lebih ini sangat berdampak pada seluruh lapisan masyarakat, termasuk para seniman musik. Untuk itu, program ‘Kamu Hebat’ kali ini membagikan paket sembako untuk seniman musik.

“Program ‘Kamu Hebat’, sebagai salah satu program terobosan yang dipimpin Pendeta Gilbert Lumoindong, dan saya turut menyalurkan paket sembako, “ kata Rico Manansang di sela-sela acara Program ‘Kamu Hebat’ membagikan paket sembako untuk seniman musik di Dapuraja Resto Jl. Pasar Minggu No. 2 B-C, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (13/9/2021).

Program ‘Kamu Hebat’ Bagikan Paket Sembako untuk Seniman Musik 6

Lebih lanjut, pemusik yang terkenal dengan lagu ‘Kasmaran’ yang dipopulerkan Iga Mawarni ini, menerangkan, ia punya teman-teman para pencipta lagu dan para pemusik yang sudah dua tahun ini tidak punya pekerjaan. “Hari ini sekitar seratus orang yang diberikan paket sembako, “ ungkapnya mantap.

Menurut Rico, program Kamu Hebat sudah lama diadakan sampai ke daerah-daerah membantu orang-orang yang tidak mampu hingga ke pelosok-pelosok seluruh Indonesia. “Tidak hanya paket sembako, tapi juga berbagai kebutuhan dan keperluan lainnya, seperti di antaranya traktor yang membajak sawah, perahu nelayan, dan lain-lainnya,” bebernya.

“Program Kamu Hebat juga membuka dapur umum yang ditempatkan di berbagai daerah. Setiap hari memberi makan kepada masyarakat, “ imbuhnya.

Program ‘Kamu Hebat’ Bagikan Paket Sembako untuk Seniman Musik 7

Rico berharap, program ‘Kamu Hebat’ ini terus berkelanjutan sambil silaturahmi untuk melepas kangen. “Bayangkan kita sudah puluhan tahun tidak ketemu, jadi bisa melepas kangen, yang ini bisa meningkatkan imun tubuh agar kita tangguh melawan Pandemi ini,“ ujarnya.

Pengalaman selama Pandemi Covid-19, Rico pernah terkena virus yang sangat mematikan itu dalam satu group dengan Jopie Latul di tempat latihan untuk mempersiapkan perayaan acara HUT Kemerdekaan RI bertajuk “Berdoa untuk Bangsa’. “Jopie Latul sebenarnya hampir sama dengan kita, sama-sama kena, mungkin karena ketakutan membuat imun-nya turun jadi dilarikan ke rumah sakit, mungkin di rumah sakit, ia tambah takut karena sendiri, mungkin kalau di rumah masih tertolong, berkumpul dengan keluarga dan teman-teman, “ paparnya.

Rico menyebut pandemi ini baik bagi dirinya, mengajarkan kita untuk menjaga kebersihan, menjaga kesehatan. Serta membuatnya banyak waktu untuk keluarga, salah satunya yang positif menjaga kebersihan selalu mencuci tangan. “Ini sudah menjadi habbit dan harus kita pertahankan untuk selalu cuci tangan, jaga jarak, dan selalu menerapkan pola hidup sehat, “ Rico menegaskan.

Program ‘Kamu Hebat’ dengan membagikan sembako ini sudah diadakan untuk kedua kalinya. Sebelumnya program ‘Kamu Hebat’ untuk artis penyanyi cafe. “Mudah-mudahan ke depan program ‘Kamu Hebat’ bisa memberkati yang lain yang belum mendapatkan, semoga bisa lebih banyak lagi, mungkin sampai dua-tiga ratus orang, “ pungkas Rico.

Sponsorship

Berita Terkini