29.1 C
Jakarta
Minggu, 23 Januari 2022
advertisement
blog

Disbud Kota Yogyakarta Gelar Musikal Hanacaraka Bersama Garin Nugroho

Muskal Hanacaraka Sutradara Garin Nugroho

EksposisiNews, Yogyakarta – Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menggelar Musikal Hancaraka. Ini merupakan perhelatan yang dibuat untuk mengimplementasikan kegiatan festival sastra dalam rangka pembinaan dan pengembangan bahasa dan sasta di Yogyakarta pada 2021.

Perbankan Amerika Cukup Sehat Lawan Resesi

Perbankan AS Cukup Sehat Lawan Resesi

Eksposisinews – Hasil stress test the Fed menunjukkan bank-bank besar Amerika Serikat masih mampu menahan gempuran resesi global setelah sebelumnya otoritas keuangan tertinggi di AS tersebut mengeluarkan kebijakan temporal untuk membatasi pembayaran dividen dan pembelian kembali saham-saham perbankan besar yang rencananya berakhir pada 30 Juni nanti.

Stress test yang dilakukan terhadap 23 perbankan yang dianggap besar, meliputi Bank of America, JP Morgan Chase, Citibank dan lain-lain dinilai sanggup menyerap jumlah kerugian kumulatif hingga $474 miliar di tengah-tengah resesi global dan memuncaknya tingkat pengangguran AS sebesar 10,75%.

Untuk menangkal efek dari pandemi Covid-19, the Fed membatasi jumlah pembayaran bonus atau payout perbankan untuk mempertahankan kewajaran modal.

Menurut Randal Quarles, Ketua the Fed bagian pengawasan, ini bukan kali pertama the Fed melaksanakan stress test, total ada 3 kali percobaan yang dilangsungkan sejak tahun lalu menggunakan skenario resesi yang berbeda dan semuanya menyatakan sistem perbankan cukup kuat untuk menopang pemulihan ekonomi.

Salah satu alasan sehatnya perbankan AS berkat dukungan dari the Fed dan Kongres. Dukungan pemerintah memungkinkan perbankan mengumpulkan modal di tahun 2020 karena ketika stress test dilakukan tahun lalu tanpa sokongan kedua institusi tersebut, bank kekurangan modal tapi tidak sampai ke tingkat yang dapat memicu ketidakstabilan keuangan.

Stress test sendiri dilakukan dengan cara memberi hantaman keras kepada perbankan untuk melihat apa yang terjadi kepada modal mereka. Hasil simulasi tersebut dapat memberi gambaran yang jelas tentang kondisi sektor perbankan dan memberi data kepada the Fed dalam menentukan kebijakan moneter khususnya terhadap sektor perbankan.

Investor Ambil Untung Jelang Pergantian Tahun

Investor Ambil Untung Jelang Pergantian Tahun
Investor Ambil Untung Jelang Pergantian Tahun

Eksposisinews – Bursa Asia diperdagangkan kembali melemah setelah investor diduga melakukan aksi ambil untung jelang pergantian tahun.

Diperkirakan aksi-aksi serupa masih akan terjadi mengingat begitu banyak spekulasi yang beredar di pasar. Dari Amerika dilaporkan, voting senat terkait dengan pencairan dana stimulus tertunda.

Pasar cukup optimis akan kondisi perekonomian global setelah beberapa negara mulai mengkampanyekan imunisasi Covid-19 dan bantuan stimulus Amerika Serikat untuk mendongkrak perekonomian nasional.

Bursa Australia dilaporkan melemah 0,79%, Nikkei Jepang melemah 0,03%. Indeks Hang Seng menguat 0,11%. Bursa AS tadi malam juga melemah karena belum ada kepastian stimulus.

Untuk beberapa bulan ke depan, dolar diperkirakan akan melemah karena pemulihan ekonomi yang terjadi tahun depan akan memicu investor berhenti mengejar aset-aset aman seperti dolar dan memilih ambil risiko untuk meraih profit. Dolar melemah terhadap mata uang major sampai 0,29% dan dolar index berada pada level 89,982.

Dari pasar mata uang, euro dilaporkan stabil di $1,2255 setelah sebelumnya sempat memuncaki level $1,2275. Aussie bergerak flat diangka $0,7609, sterling diperdagangkan di $1,3500. Yen terkoreksi pada level 103,55.

Seiring melemahnya dolar, emas kembali bersinar dan kokoh dilevel $1,877,11 per ounce. Minyak West Texas diperdagangkan menguat pada level $48,11 per barrel karena muncul spekulasi paket simulus Covid-19 akan menaikkan permintaan akan minyak mentah dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Golden Band, Bersatunya Para Personel Band-Band Legendaris

EksposisiNews – Apa jadinya kalau para personel band-band legendaris bersatu dalam sebuah band? Tentu seru dan sangat luar biasa karena menyatukan personel band-band legendaris yang lagu-lagunya evergreen tahun 70-an dan 80-an, yakni Golden Band,

Golden Band terdiri dari Jon Keff dari band legendaris Black Sweet Band (Drum). Kemudian, Masrie – The Rollies (Guitar), Raja Nasution – De Rhytem King (Keyboard), Charles Manurung – The Mercys (Saxophon), Ari Bresli – The Mercys (Bass), dan Sonlee – New Panbers sebagai Vokal dengan Manager dr.Yuli serta Setiawan sebagai Create Director Golden Band.

Golden Band, Bersatunya Para Personel Band-Band Legendaris 1

“Kami dari Golden Band diberi kesempatan untuk mengisi acara live music setiap Sabtu di Qi Lounge sejak 1 Januari 2022, “ kata Setiawan, Create Director Golden Band, kepada wartawan di sela acara live music Golden Band di Qi Lounge, The Sultan Hotel, Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

“Rencananya kami akan mengisi acara live music ke tempat-tempat lain, juga kami akan tur ke berbagai daerah seluruh Indonesia, “ imbuhnya

Golden Band, Bersatunya Para Personel Band-Band Legendaris 2

Lebih lanjut, Setiawan menerangkan terbentuknya Golden Band karena keprihatinannya melihat banyak musisi legendaris yang sudah tua tapi sudah jarang dapat apresiasi, baik dari kalangan musisi sendiri yang junior maupun pemerintah. “Karena beberapa kejadian seperti misalnya, Naniel pencipta lagu Bento yang sakit, sudah jarang diapresiasi, “ terangnya,

Menurut Setiawan, Golden Band dibentuk untuk membuat gebrakan dan memberi apresiasi serta peduli pada sesama musisi tua dengan menggandeng para sponsor, antara lain, Bank Indonesia dan Waskita Karya. “Kami menginisiasi para musisi lengendaris untuk menunjukkan cara main band yang terbaik memberi contoh kepada musisi-musisi muda,“ ungkapnya mantap.

Setiawan menyampaikan rencana Golden Band ke depan akan mengansemen ulang lagu-lagu band legendaris. “Kami kerjasama dengan Anto Hoed dan Melly Goeslow untuk mengansemen ulang lagu-lagu band legendaris, dengan vocalis baru, seperti di antaranya, Charly van Houten, Once dan lain-lain, “ tegasnya.

Golden Band, Bersatunya Para Personel Band-Band Legendaris 3

Adapun, dr.Yuli Manager Golden Band menyampaikan kekuatan band legendsarisa yang sepatutnya diapresiasi. “Band legendaris Black Sweet Band punya lagu ‘Indonesia Jaya’ dan ‘Pusara Tak Bernama’ untuk pahlawan yang dulu dirilis pada Januari 1982 patut diapresiasi, “ ujarnya.

dr.Yuli berharap Golden Band yang terdiri dari para personel band-band legendaris ini bisa menjadi contoh anak muda zaman sekarang. “Mereka menjadi teladan untuk band-band sekarang, “ dr.Yuli menegaskan.

Paling menarik bagi dr.Yuli, Golden Band mampu memainkan lagu bukan hanya lagu-lagu lawas, tapi juga lagu-lagu terkini. “Golden Band mampu menunjukkan performance terbaik, “ pungkas dr.Yuli optimis.

Harga Minyak dan Emas Bisa Lebih Tinggi Akibat Krisis Ukraina

Potensi invasi Ukraina oleh Rusia akan dirasakan di sejumlah pasar, mulai dari komoditi seperti minyak hingga emas sebagai asset safe haven.

Sempat Menguat, Harga Emas Berakhir Negatif Karena Aksi Ambil Untung

Harga Emas

Harga emas di perdagangan bursa berjangka akhirnya berakhir melemah pada akhir perdagangan Jumat (21/01/2022) atau Sabtu pagi WIB. Dorongan turun akibat berlanjutnya aksi ambil untung, setelah harga emas sempat naik hingga ke $1843 per troy ons namun kemudian berakhir di kisaran $1830 per troy ons.

Giliran Netflix Yang Mendorong Bursa Saham AS Turun Kebawah

Indeks bursa saham utama di Wall Street berakhir turun tajam pada perdagangan di hari Jumat  (21/01/2022) karena saham Netflix jatuh setelah laporan pendapatan yang lemah, menutup minggu yang brutal untuk perdagangan saham di bursa S&P 500 dan Nasdaq dengan mencatat penurunan secara persentase mingguan terbesar sejak awal pandemi pada Maret 2020. Indek S&P 500 membukukan penurunan selama tiga minggu berturut-turut, berakhir turun 8,3% dari rekor tertinggi awal Januari.

Benings Clinic Dapatkan Penghargaan Bergengsi dari MURI

Eksposisinews.com, Jakarta – Founder Benings Clinic, dr. Oky Pratama baru saja mendapatkan 2 penghargaan paling bergengsi dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yaitu di kategori Skincare Produksi Dokter Dengan Penjualan e-commerce Terbanyak dan juga Klinik Kecantikan Dengan Fasilitas Perangkat Laser Jenis Terbanyak.

Imlekan Di Swiss-Belresort Dago Heritage Bandung, Lebih Menyenangkan

Anda sudah siap merayakan imlek di Bandung ?, Swiss-Belresort Dago Heritage bisa menjadi pilihan pembaca untuk merayakan tradisi dan reuni keluarga yang menyenangkan dengan dengan semangat penuh syukur. Hotel bernuansa resort heritage ini menyambut Tahun Harimau Air dengan menggelar paket kamar dan makan malam prasmanan pada 31 Januari 2022.

Harga Minyak Naik Dekati $90 pbl Karena Ketidakpastian Geopolitik

Harga minyak naik dengan cepat mendekati $90 karena ketidakpastian geopolitik terus meningkat. Selama seminggu terakhir, serangan pesawat tak berawak terhadap target di UEA dan meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Ukraina telah menjadi pusat perhatian pelaku pasar. Mereka telah bereaksi terhadap peningkatan risiko dan ketidakpastian dengan premi geopolitik yang signifikan.

Selama 2021, GandengTangan Salurkan Pinjaman Hingga Rp 40,5 Miliar

EksposisiNews, Jakarta – Tahun 2021 nampaknya menjadi tahun penting untuk kebangkitan ekonomi. GandengTangan, startup crowdlending, berhasil mengembangkan inovasi pendanaan yang turut mendukung bangkitnya usaha kecil dan menengah (UKM).  Pada 2021 GandengTangan juga telah menyalurkan pinjaman mencapai Rp40,5 miliar atau 10 kali lipat dari jumlah di tahun sebelumnya. Pencapaian tersebut sekaligus mencatatkan rekor angka penyaluran pinjaman GandengTangan sejak awal berdiri.

Bangkit sambil menopang UKM selama 2021 

Kontribusi GandengTangan, yang mengantongi izin resmi dari OJK sebagai Penyelenggara Layanan P2P Lending, – untuk pengembangan UKM juga dilakukan dengan penyediaan pembiayaan invoice (invoice financing) sehingga memudahkan UKM untuk menjalankan bisnis. 

Guna menjangkau lebih banyak pelaku usaha, GandengTangan berkolaborasi dengan organisasi wirausaha dan UKM seperti Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jakarta, dan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Jakarta Timur. 

Komitmen menjadi platform yang aman dan terproteksi diwujudkan GandengTangan dengan memperkuat sistem manajemen risiko. Langkah yang dilakukan adalah penggunaan berbagai macam metode pengamanan pembayaran dan menerapkan model credit scoring yang lebih komprehensif. 

GandengTangan juga membuktikan diri sebagai P2P lending terpercaya melalui kemitraan dengan 10 lender institusi, termasuk bank dan perusahaan modal ventura.

2022, GandengTangan siapkan pinjaman dengan bunga rendah 

Jezzie Setiawan, selaku Co-Founder dan CEO GandengTangan menyampaikan bahwa pada tahun 2022 ini, GandengTangan sudah menyiapkan sederet strategi demi bisa menjangkau UKM lebih luas dengan dukungan pendanaan yang semakin kuat. 

“Tahun ini kami fokus untuk mengembangkan sederetan inovasi pendanaan agar memudahkan UKM jalankan usahanya. Beberapa inovasi tersebut sudah kami mulai di awal tahun ini,” ucap Jezzie Setiawan.     

GandengTangan akan mengembangkan penyaluran pinjaman dengan skema invoice financing. UKM dapat menjadikan invoice belum terbayar sebagai jaminan untuk mendapat pendanaan dengan limit Rp      dua miliar. 

Usaha perorangan pun dapat mengajukan pendanaan dengan limit Rp 25 juta melalui GandengTangan berkat kemitraan dengan koperasi dan lembaga keuangan mikro (LKM). 

Demi mempermudah UMKM berkembang, GandengTangan juga dapat menyalurkan pinjaman limit Rp 250 juta dengan suku bunga sangat rendah, yaitu sebesar enam persen      per tahun. Layanan ini bisa terwujud berkat dukungan PT Bahana Artha Ventura untuk GandengTangan.  

Kabar baik lainnya adalah di tahun 2022, GandengTangan akan melanjutkan kerja sama dengan Bank Sulselbar. Januari ini, platform GandengTangan akan digunakan di 32 cabang Bank Sulselbar. 

Gencarnya inovasi GandengTangan setahun ke depan dimulai dengan penggalangan dana Seri      A yang kini sedang dalam proses. 

Start-up penerima penghargaan DBS Foundation: Social Enterprise Grant Programme tahun 2018 ini senantiasa berkomitmen untuk tumbuh optimal agar bisa memberi dukungan maksimal untuk para pengembangan UMKM.     

Social Enterprise Grant Programme sendiri merupakan program dana hibah tahunan yang dijalankan oleh Bank DBS Indonesia melalui DBS Foundation. Program ini merupakan wujud nyata salah satu pilar sustainability Bank DBS Indonesia, yaitu Creating Social Impact dalam membantu tumbuh kembang wirausaha sosial di Indonesia.

Mona Monika, Head of Group Strategic Marketing & Communications, PT Bank DBS Indonesia, mengatakan, “Sejak 2015, sebanyak 14 wirausaha sosial Indonesia telah berhasil menerima DBS Foundation Grant, termasuk GandengTangan di tahun 2018. Untuk menumbuhkembangkan lebih banyak wirausaha sosial seperti GandengTangan, kami menghadirkan berbagai program edukasi, pelatihan, dan kolaborasi yang bertujuan mempercepat akselerasi wirausaha sosial dalam menjawab berbagai isu sosial di Indonesia.”

“Jika 2021 adalah tahun bangkitnya UMKM, di tahun ini kami berharap UMKM bisa semakin berkembang. GandengTangan akan selalu siap mendampinginya mencapai kesuksesan,” tutup Jezzie Setiawan. 

Totalitas Intan Noviasari Tekuni Make Up Artist

EksposisiNews – Selalu ada jalan bagi orang yang mau berusaha. Semangat dan tekad serta kemauan keras yang membuat orang dapat mewujudkan cita-citanya. Demikian yang terlihat pada diri Intan Noviasari, sosok inspiratif yang sekarang menekuni profesi make up artist. Ia biasa dikenal dengan IG @intanvsrmakeup

Intan begitu gigih mewujudkan cita-citanya sebagai seorang make up artist. Hingga dirinya mampu tetap eksis dalam persaingan ketat make up artist. Ia memang patut menjadi inspirasi bagi orang yang mau serius menekuni profesi make up artist.

Totalitas Intan Noviasari Tekuni Make Up Artist 4

“Awalnya aku ga bisa make up dan ga ngerti tentang make up sama sekali. Nah kebetulan waktu kuliah, ada beauty class gitu karena jurusanku administrasi bisnis jadi mengharuskan berpenampilan yang menarik, “ kata Intan Noviasari menuturkan awal ketertarikannya di dunia make up artist kepada wartawan, Senin (17/1/2022).

Lebih lanjut, perempuan cantik kelahiran Sukabumi, 27 November 1995 ini menerangkan keadaan dirinya yang kuliah di Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Madiun (2015-2017). “Dan kebetulan selama kuliah pun aku sudah menjalani endorse gitu, dari situ pun aku mulai belajar makeup supaya lebih menarik saat mengiklankan sebuah produk, “ terang alumni SDN Keras Kulon 1 (2003-2008), SMPN 1 Geneng (2009-2011), SMAN SMANTI (2011-2014) ini penuh percaya diri.

Totalitas Intan Noviasari Tekuni Make Up Artist 5

Menurut Intan, ia belajar make up secara otodidak memanfaatkan teknologi internet. “Aku  belajar mulai dari lihat di youtube sampai akhirnya aku berani membuka jasa makeup. Dan pada saat itu aku ngga langsung terjun ke dunia wedding, tapi bertahap mulai dari makeup wisuda yang harganya cuma 35-50 ribuan per orang. Sampai akhirnya aku memberanikan diri untuk terjun ke dunia wedding setelah ikut workshop make up di salah satu MUA ternama panutanku. “ ungkapnya mantap.

Menekuni sebuah profesi apapun tentu ada suka dukanya, begitu juga Intan Noviasari menyampaikan suka-dukanya dalam menekuni dunia make up artis.

“Banyak sih suka duka selama menekuni dunia make up ini. Mulai dari keterbatasan biaya untuk membeli produk yang aku butuhkan. Lalu harus bangun malam jam 01:00 wib, terutama ketika dapat job double seperti itu. ketika orang sedang nyenyak tidur aku sudah harus bangun dan mulai melakukan pekerjaanku. “ bebernya penuh keharuan. 

Totalitas Intan Noviasari Tekuni Make Up Artist 6

Intan mengaku pernah ada orang yang meragukan, tapi ia tetap semangat penuh percaya diri menekuni profesi make up artist. “Terkadangpun ada beberapa orang yang meragukan kemampuanku sebagai make up artist, apalagi dengan ragaku yang terbilang mungil dan masih menganggap aku seperti anak kecil. Belum lagi harus menghadapi berbagai macam client, “ kenangnya.

“Meski banyak duka yang dialami, tapi banyak juga sukanya. Mulai dari job yang mulai berdatangan, dan juga mulai banyak yang menyukai hasil karyaku, bahkan sampai memujinya. Dan aku pun sangat mencintai pekerjaanku juga sangat bersyukur karna dengan passion yang kupunya aku bisa menghasilkan, “ imbuhnya penuh rasa syukur.

Saat ditanya, pengalaman apa yang paling berkesan selama menekuni dunia make up artist? Dengan tenang, Intan memberikan jawaban, “Menurutku hampir semua perjalanan karirku ini sangat berkesan, karena memang aku menjalani semuanya sesuai dengan passion yang ada di dalam diriku sendiri. tapi ada satu pengalaman yang membuat aku paling berkesan yaitu pada saat aku mendapatkan job di Kalimantan. dalam kondisi hamil usia 5 bulan, aku harus melakukan perjalanan yang cukup extreem yaitu melewati perkebunan kelapa sawit yang jalannya sangat berliku dan tak beraturan selama kurang lebih 4 jam, dan itu sangat beresiko untuk kehamilanku, tetapi karena dorongan semangat yang aku punya jadi perjalanan yang aku tempuh terasa sangat sangat menyenangkan.”

Totalitas Intan Noviasari Tekuni Make Up Artist 7

Intan menyampaikan pendapatnya mengenai perkembangan dunia make up artis sekarang.

“Menurutku sekarang ini profesi sebagai make up artist sudah makin banyak sekali peminatnya. Tidak banyak juga selebgram yang beralih profesi menjadi seorang make up artist, jika kita tidak bisa mengasah skill, tekun dan sabar dalam menjalani profesi ini pasti tidak akan bisa berkembang dan bersaing, “ Intan menegaskan.

Harapan Intan ke depan tentang dunia make up artist. “Semoga kedepannya hasil karya make up saya lebih baik lagi dan bisa menjadi inspirasi semua wanita, “ pungkas Intan Noviasari optimis.

Selain sebagai seorang profesional make up artist yang berpengalaman empat tahun, Intan Noviasari juga seorang beauty vlogger atau content creator dan sedang menjalani usaha online shop di bidang kecantikan.

Warga Jatibarang Kidul Bisa Memanfaatkan Jembatan Rider Kembali

Mengawali tahun ini, masyarakat Jatibarang Kidul bisa kembali memanfaatkan jembatan yang dulu rusak akibat banjir. Dulunya, jembatan ini terbuat dari bambu yang hanya bisa dilewati satu orang. Jembatan itu rusak oleh banjir.

Sponsorship

Berita Terkini