Mahasiswa Paramadina Graduate of Communication (PGSC) melakukan kegiatan “Sharing Knowledge” dengan para staff di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, berupa Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. . Ada tiga hal yang menjadi pembahasan, yakni Social Media Maintenance, Publikasi & Kemas Ulang Informasi dan Public Speaking. Kegiatan ini dilakukan pada Selasa (12/12/2023) di Cipanas, Cianjur Jawa Barat.

Dilatar belakangi oleh sejumlah kejadian kebakaran di Gunung Bromo dan Gunung Gede Pangrango pada bulan September 2023. Kemudian aksi pembersihan sampah di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan berhasil menurunkan 2,5 ton sampah. Menurut Andi Subagja, Ketua Pelaksana Sharing Knowledge ini, bahwa bencana dan kerusakan lingkungan dapat terjadi dari berbagai aspek, baik disengaja maupun tidak disengaja. Namun demikian, adanya komunikasi yang baik antara pihak pengelola taman nasional dengan para pengunjung dan masyarakat umum dapat mengurangi potensi bencana lebih lanjut.

Kegiatan yang diikuti oleh lebih 50 orang ini berlangsung dengan penuh antusias, hal ini karena masalah pengelolaan komunikasi publik menjadi sangat penting. Sebagaimana dikatakan oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Sapto Aji Prabowo bahwa saluran informasi bagi semua stakeholder memiliki arti penting sehingga perlu penguasaan ilmu termasuk masalah publikasi media sosial. Mengingat bahwa apabila terjadi kekeliruan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat dapat berakibat fatal bahkan bisa menjadi bencana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini