Bank Indonesia (BI) diyakini akan mempertahankan suku bunga kebijakan utamanya tidak berubah pada angka 6,00% di hari Kamis besok. Ada kemungkinan akan mempertahankannya pada tingkat tersebut hingga setidaknya pertengahan tahun 2024, menurut jajak pendapat Reuters terhadap para ekonom di mana beberapa responden masih memperkirakan kenaikan suku bunga lagi.

Meskipun inflasi naik tipis menjadi 2,56% di bulan Oktober dari 2,28% di bulan September, angka tersebut masih berada dalam kisaran target bank sentral sebesar 2%-4% untuk tahun ini, yang menunjukkan bahwa tekanan harga tidak terlalu menjadi perhatian di negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara ini.

Memang benar, kenaikan suku bunga Bank Indonesia yang mengejutkan sebesar 25 basis poin pada tanggal 19 Oktober bertujuan untuk menopang nilai tukar rupiah, yang telah melemah sekitar 8% terhadap dolar sejak bulan Mei.

Rupiah telah naik hampir 2% terhadap greenback dan diperdagangkan sekitar 15,540/$ pada hari Senin (20/11/2023). Ekspektasi Federal Reserve AS akan melakukan kenaikan suku bunga juga mendorong penguatan rupiah dan mata uang Asia lainnya.

“Bank Indonesia kemungkinan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada bulan ini. Stabilitas Rupiah adalah faktor pendorong di balik langkah tak terduga bulan lalu, dan sejak itu tekanan pasar telah mereda dengan dolar AS dan penurunan imbal hasil pasca jeda The Fed AS,” kata Radhika Rao , ekonom senior di bank DBS.

Dalam jajak pendapat Reuters pada 14-20 November, mayoritas ekonom, 27 dari 31, memperkirakan bank sentral Indonesia akan mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah pada 6,00% pada hari Kamis. Empat negara sisanya memperkirakan kenaikan seperempat poin persentase menjadi 6,25%.

Meskipun perkiraan median menunjukkan tidak ada perubahan pada suku bunga setidaknya hingga akhir kuartal kedua tahun 2024, terdapat beragam pandangan di kalangan ekonom mengenai suku bunga utama.

Sementara 12 dari 28 responden menetapkan suku bunga acuan sebesar 6,00% pada akhir bulan Juni, lima orang memperkirakan suku bunga acuan sebesar 6,25% dan tiga orang memperkirakan suku bunga acuan sebesar 6,50%. Delapan sisanya memperkirakan pemotongan setidaknya seperempat poin persentase pada saat itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini