Tunjangan Pengangguran

Eksposisi News, Banyuwangi – Laporan ketenagakerjaan AS yang lebih kuat dari perkiraan memperkuat fokus investor pada data ekonomi dan langkah Federal Reserve selanjutnya, karena pasar mendukung bukti lebih lanjut dari pemulihan ekonomi yang kuat di tengah kekhawatiran atas inflasi yang terus-menerus. Data terkini menyebutkan bahwa angka pekerjaan di AS naik 850.000 pada bulan Juni, di atas perkiraan konsensus untuk kenaikan 706.000, demikian paparan Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada hari Jumat (02/07/2021).

Pertanyaan utama sekarang untuk pasar dan ekonom adalah apakah laporan Juni yang positif dapat mendorong Federal Reserve untuk mengurangi pembelian aset bulanannya – suatu bentuk stimulus moneter – lebih cepat. Ada perdebatan sengit tentang masalah yang saat ini sedang berlangsung di dalam bank sentral mengenai apakah bank sentral AS perlu menahan diri dari stimulus karena ekonomi berakselerasi keluar dari pandemi, untuk menjaga inflasi agar tidak terlalu panas.

Data awal laporan pekerjaan dianggap tidak cukup kuat untuk mengubah lintasan Fed. Singkatnya, data ini seharusnya tidak mengubah pikiran siapa pun.

Menurut laporan pekerjaan Departemen Tenaga Kerja pada hari Jumat, tingkat pengangguran AS naik sedikit menjadi 5,9% dari 5,8% pada Mei. Pemerintah juga merevisi jumlah pekerjaan Mei menjadi 583.000, naik dari 559.000 pekerjaan yang dilaporkan sebelumnya yang meleset dari perkiraan 671.000 pekerjaan.

Rata-rata, sejak Januari 2021 AS telah menambahkan sekitar 500.000 pekerjaan per bulan, dan tren ketenagakerjaan telah menguat tetapi agak tidak dapat diprediksi, sehingga menyulitkan para ekonom untuk menggunakan data satu bulan apa pun untuk memperkirakan seperti apa masa depan.

Tingkat partisipasi angkatan kerja – persentase penduduk Amerika yang bekerja atau aktif mencari pekerjaan – tidak berubah di bulan Juni dari 61,6% di bulan Mei.

Rasio pekerjaan terhadap populasi, atau jumlah orang yang dipekerjakan versus total populasi usia kerja, berubah sedikit dari bulan ke bulan sebesar 58%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here