Saham Tokyo Electron mengalami tekanan oleh aksi jual investor di Bursa Saham Tokyo

Aktivitas pabrik Jepang menyusut selama lima bulan berturut-turut pada bulan Oktober sementara sektor jasa mengalami pertumbuhan terlemah tahun ini, sebuah survei menunjukkan pada hari Selasa (24/10/2023), di tengah meningkatnya ketidakpastian mengenai prospek ekonomi terbesar ketiga di dunia.

Indeks manajer pembelian (PMI) manufaktur awal atau au Jibun Bank Jepang tetap datar di 48,5 pada bulan Oktober. Indeks masih berada di bawah ambang batas 50,0 yang memisahkan kontraksi dan ekspansi sejak bulan Juni.

Produksi merosot pada tingkat tercepat dalam delapan bulan karena penurunan pesanan baru, survei menunjukkan. Ditekan oleh kapasitas yang lebih rendah, tingkat lapangan kerja mengalami kontraksi untuk pertama kalinya sejak Februari 2021.

Tekanan biaya sedikit mereda karena inflasi harga input mencapai titik terendah dalam tiga bulan. Pemerintah mengatakan pada hari Jumat bahwa inflasi inti Jepang bulan lalu melambat di bawah ambang batas 3% untuk pertama kalinya dalam lebih dari setahun. Namun, data PMI bulan Oktober menunjukkan pelemahan lebih lanjut di sektor jasa, yang menopang perekonomian Jepang selama beberapa kuartal terakhir.

PMI sektor jasa au Jibun ini turun lebih jauh ke 51,1 pada bulan Oktober dari 53,8 pada bulan September bulan lalu, menandai tingkat pertumbuhan paling lambat sejak awal tahun ini. Bisnis-bisnis baru berkembang namun dengan laju yang lebih lambat dan permintaan jasa asing turun untuk pertama kalinya dalam 14 bulan, menurut survei tersebut.

“Perusahaan-perusahaan juga menjadi yang paling tidak optimis sejak bulan Januari, mencerminkan berkurangnya optimisme sehubungan dengan produksi di masa depan,” kata Jingyi Pan, direktur asosiasi ekonomi di S&P Global Market Intelligence, yang menyusun survei tersebut.

PMI komposit au Jibun Bank Flash Japan, yang menggabungkan aktivitas sektor manufaktur dan jasa, turun menjadi 49,9 pada bulan Oktober dari 52,1 pada bulan September, turun ke wilayah kontraksi untuk pertama kalinya sejak bulan Desember.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini