EksposisiNews – Ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) kembali digelar setelah tahun lalu gagal dilaksanakan akibat pandemi virus Covid-19. Pertimbangannya adalah saat ini kondisi terasa semakin membaik dimana aktifitas mulai kembali normal dan banyak kegiatan sudah mulai dilakukan, termasuk penyelenggaraan PON di Papua baru-baru ini.

Industri musik Indonesia juga mulai membaik jika dibandingkan di tahun 2020 lalu. Tahun ini, baik musisi Indonesia maupun segala pihak yang membantu di belakang layar kembali menyeruakkan semangat mereka untuk memberikan karya-karya terbaiknya ke seluruh penikmat musik di Indonesia. Langkah yang ditempuh oleh musisi-musisi Indonesia ini memang sangat patut diapresiasi karena merilis lagu di tengah pandemi dengan sangat terbatasnya media promosi yang ada merupakan satu kerja keras yang luar biasa.

Atas pertimbangan itu, menurut Dwiki Dharmawan selaku ketua AMI dalam siaran pernys menyatakan bahwa ajang penghargaan industri musik tertinggi dan paling prestisius di Indonesia, Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) siap digelar kembali di tahun 2021. Dijelaskan olehnya bahwa proses panjang perhelatan akbar ini telah dimulai sejak tanggal 5 Mei 2021 dimana Anugerah Musik Indonesia akhirnya membuka pendaftaran lagu secara online untuk kemudian ditutup di bulan Juli 2021.

Dari sekitar 2 bulan dibukanya pendaftaran, menurut Dharmawan telah terkumpul sebanyak 4645 lagu terdaftar di tahun ini yang berupa Karya Produksi Single maupun Album dalam periode rilis 1 Juli 2020 hingga 30 Juni 2021. Angka fantastis ini adalah sebuah peningkatan yang luar biasa karena tahun 2020 lalu, hanya sebesar 2973 lagu saja yang terdaftar. Ini mengindikasikan bahwa ada peningkatan sebanyak 60% jumlah lagu yang dirilis dan resmi terdaftar untuk masuk ke dalam penilaian Anugerah Musik Indonesia, jelasnya.

Mengambil tema “Spirit of Creativity”, perhelatan ke-24 dari Anugerah Musik Indonesia ini baru saja melalui beberapa taha . Kini, Nominasi-Nominasi yang akan masuk ke dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) ke24 sudah siap untuk diumumkan ke publik. Pengumuman Nominasi AMI Awards Ke-24 akan diadakan pada hari Senin, 18 Oktober 2021.

Pada pengumuman ini, akan dihadiri Dwiki Dharmawan selaku Ketua Umum AMI, Tiurma Imelda Sinaga selaku Head of Production Operation Department RCTI, Syaharani sebagai Musisi sekaligus Tim Sidang Kategorisasi, dan bintang tamu Anneth sebagai Penyanyi.

Pada AMI Awards ke-24 ini akan diberikan penghargaan untuk 55 Kategori dan 3 Penghargaan Khusus diantaranya: Lifetime Achievement, Legend Awards, dan Dedikasi Musik. Sementara Malam Puncak AMI Awards ke-24 akan diselenggarakan tanggal 15 November 2021 mendatang secara langsung di RCTI. Tentu, dengan adanya AMI Awards Ke-24 ini juga menandakan bahwa dalam kondisi apapun, semangat daya kreatifitas para musisi tetap membawa demi keberlangsungan Industri Musik Indonesia di tahun-tahun mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here