Eksposisinews – “Teater musikal negara-negara Barat dan film-film India adalah dua kekasih yang telah lama menghilang dan terpisah oleh waktu,” demikian yang dikatakan maestro film ternama India Aditya Chopra, yang rencananya akan membuat karya “Broadway” perdananya sebagai sutradara film blockbuster rekor dunia, Dilwale Dulhania Le Jayenge (DDLJ).

Yash Raj Films merupakan studio film terbesar asal India, Managing Chairman Yash Raj Film Aditya Chopra, telah mengarahkan dan memproduksi banyak film legendaris dalam sejarah perfilman India. Karya perdananya yang paling bersejarah, tak lain dan tak bukan adalah Dilwale Dulhania Le Jayenge di tahun 1995.

Setelah 26 tahun berkarya, Aditya Chopra akan kembali menyutradarai DDLJ dan kali ini DDLJ akan dikemas dengan gaya Broadway. Aditya Chopra merasa film Broadway dan India adalah dua kekasih yang telah lama hilang dan terpisahkan oleh waktu karena kesamaan intrinsic. Persamaan elemen keduanya tak lain adalah mengangkat kisah-kisah yang menghangatkan hati serta emosi manusia melalui musik dan tarian. Aditya sendiri telah mengerjakan proyek menggairahkan ini selama tiga tahun terakhir dan Aditya pun sudah menggabungkan orang-orang multi talenta sebagai tim yang mendukung dibalik keindahan karyanya nanti ini.

“Come Fall in Love” – The DDLJ Musical sedang diproduksi oleh Yash Raj Films. Berdasarkan cerita orisinil karya Chopra, musikal ini akan menampilkan karya dan lirik oleh pemenang penghargaan ternama Laurence Oliver Nell Benjamin (Legally Blonde & Mean Girls), penulis lagu top India Vishal Dadlani & Shekhar Ravjiani sebagai komposer.

Pemenang penghargaan Tony & Emmy, Rob Ashford (Frozen, Thoroughly Modern Millie, The Boys from Syracuse) akan membuat koreografi dibantu juga dengan asosiasi koreografer Shruti Merchant. Tim desain juga akan menyiapkan desain set karya pemenang penghargaan Tony & Emmy, Derek McLane (Moulin Rouge, Hairspray Live, 33 Variations) dan music akan disupervisi oleh pemenang Tony, Grammy & Emmy Award Bill Sherman (In The Heights, Sesame Street, Hamilton) serta Executive Produser dari projek ini tak akan lengkap tanpa sentuhan dari Adam Zotovich.

Come Fall in Love – The DDLJ Musical rencananya akan siap disaksikan di panggung Broadway musim 2022-2023 dengan penayangan perdananya akan dilakukan di Old Globe Theatre San Diego pada September 2022. Pencarian bakat secara global akan segera dimulai oleh Duncan Stewart dari Steward/ Whitley Casting dan pimpinan casting Yash Raj Films Shanoo Sharma.

Kutipan Aditya Chopra;

Musim panas 1985. Usiaku masih 14 tahun dan sedang menjalani liburan musim panas di London. Orangtua ku mengajakku serta saudaraku untuk menyaksikan teater musikal pertama kami. Lampu telah dimatikan dan tirai pun diangkat, 3 jam penayangan musikal itu memberi kesan yang sangat membekas dihatiku.

Sejak saat itu, saya pun menjadi seorang anak yang tumbuh dengan kekaguman akan film dan kecintaanku akan film akan selalu jatuh pada film layar lebar India. Tetapi apa yang kusaksikan saat itu di panggung musikal teater akan selalu menjadi  momen yang  paling berkesan. Satu hal yang selalu menarik perhatian khusus adalah ketika ku menyadari betapa samanya aspek-aspek yang diangkat dari panggung teater musikal dengan perfilman India. Bukan hanya karena keduanya sama-sama menyajikan lagu-lagu dalam menceritakan pesan atas film, tetapi “emosi” yang membuat penonton dapat turut merasakan sensasi atas isi film hingga dapat menularkan perasaan sedih serta kebahagiaan bari para penontonnya.

Keragaman warna, kentalnya drama, nyanyian yang penuh gairah, tarian yang energik, kisah-kisah klasik & akhir cerita yang bahagia. Itu yang membuat saya penuh akan rasa bahagia, gembira, sedih dan sangat emosional ketika sedang menyaksikan film India. Kemudian saya menyadari diluar perbedaan jarak, bahasa, pertunjukan musikal barat dan perfilman india adalah dua kekasih yang terpisahkan oleh waktu.

Musim Gugur 20. Saya memulai proyek saya yang paling ambisius hingga saat ini. Saya menyatukan kembali dua kekasih yang telah lama hilang, Broadway Musical dan Film India. 26 tahun yang lalu saya memulai karir saya dengan sebuah film berjudul Dilwale Dulhania Le Jayenge (DDLJ). Film ini menceritakan sejarah dan mengubah hidup saya dan banyak orang lain selamanya. Tapi banyak yang tidak tahu bahwa saya tidak pernah bermaksud membuat DDLJ dalam bahasa Hindi. Sebagai seorang pemuda berusia 23 tahun yang sangat dipengaruhi oleh Hollywood dan budaya pop Amerika, saya pikir saya akan membuat beberapa film India dan kemudian saya akan pergi ke Hollywood dan membuat DDLJ untuk penonton kami yang berbahasa Inggris di seluruh dunia dengan Tom Cruise sebagai tokoh utama saya. Itu jelas tidak terjadi. DDLJ dirilis pada tahun 1995 dan menjadi film bioskop India yang paling lama berjalan. Itu memberi saya identitas saya dan memulai perjalanan luar biasa yang akan selalu saya syukuri.

26 tahun kemudian saya kembali ke visi awal saya tentang kisah DDLJ, kisah cinta seorang anak laki-laki Amerika dan seorang gadis India, kisah cinta dua budaya…dua dunia. Tapi kali ini mediumnya bukan bioskop tapi teater. 26 tahun kemudian saya akan mengarahkan DDLJ lagi tapi kali ini sebagai Broadway Musical bahasa Inggris untuk penonton di seluruh dunia. Saya sangat gugup dan sangat bersemangat. Saya seorang pria sinema hardcore, saya belum pernah melakukan teater dalam hidup saya dan di sini saya mencoba untuk melakukan ambisi paling gila dalam hidup saya. Tapi apa yang memberi saya kepercayaan diri adalah tim fantastis yang saya miliki. Masing-masing dari mereka adalah ahli di bidangnya dan kecemerlangan serta keahlian mereka akan menjadikan ini pertunjukan yang fantastis. Selama 3 tahun terakhir saat kami mengembangkan proyek gairah ini, saya telah belajar banyak dari mereka dan menemukan bakat luar biasa yang dimiliki komunitas Broadway. Saya merasa 23 lagi, usia yang sama ketika saya mengarahkan DDLJ. Saya sekali lagi seorang siswa, masing-masing anggota tim saya lebih berpengalaman daripada saya di dunia teater, saya pemula dan saya menyukai setiap momennya. Saya siap untuk belajar, menjelajahi, berkreasi, dan menikmati bersama seniman teater yang luar biasa ini dan dunia magis Broadway Musicals.

Sampai jumpa di panggung di Musim Gugur 2022 dengan Come Fall in Love – The DDLJ Musical Aditya Chopra.

Kutipan dari Nell Benjamin

“DDLJ adalah pengantar saya untuk pembuatan film India bahkan sebelum saya tahu siapa Aditya Chopra yang luar biasa, dan film itu memiliki kegembiraan dan hati yang membuat saya jatuh cinta padanya. Saya sangat senang didekati untuk melakukan musik dan saya berharap pekerjaan saya membantu semua orang jatuh cinta dengan Simran dan Rog dan perjalanan mereka melintasi berbagai budaya untuk mencintai. Dunia selalu dapat menggunakan sedikit lebih banyak pemahaman budaya, dan saya tidak sabar untuk duduk di teater dengan penonton yang berbagi kegembiraan dan kejutan Come Fall in Love – The DDLJ Musical.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here