Abeliano tawarkan kesegaran varian baru di industri musik Indonesia. Kredit foto SMEI.

Industri musik Indonesia membutuhkan talenta segar di ranah musik pop-rock — dan seolah-olah Abeliano hadir sebagai jawabannya. Setelah berkarir sebagai musisi independen, pada tahun 2023 ini, musisi muda berusia 22 tahun yang juga akrab dipanggil “Abel” tersebut siap meneguhkan eksistensinya dengan bergabung bersama salah satu label musik terbesar di blantika musik Tanah Air, yakni Sony Music Entertainment Indonesia. Tidak berhenti sampai situ, Abeliano telah merilis karya terbarunya di bawah label musik tersebut yang bertajuk “Love Me Like You Say You Do”.

Ditulis secara tunggal oleh Abeliano, “Love Me Like You Say You Do” adalah sebuah karya musik midtempo berdurasi 3 menit dan 40 detik yang, sesuai dengan judul lagunya, bertutur mengenai luapan gundah sang tokoh utama dalam sebuah cerita cinta yang hendak mempertanyakan kesungguhan hati pasangannya. Produksi musik “Love Me Like You Say You Do”, yang utamanya disusun oleh gitar dan perkusi, menegaskan cita rasa musik pop-rock yang nostalgik sekaligus segar. Selain itu, vokal Abeliano yang sangat maskulin pun berhasil melukiskan muram bimbang seorang lelaki yang berada di sebuah titik persimpangan, terutama ketika memasuki bagian refrain lagu: “I need more than words / Show me how you feel / I’m so insecure / Let me know it’s real / I just want you to / Love me like you say you do”

Abeliano mengungkapkan bahwa cikal bakal lagu “Love Me Like You Say You Do” digarap sepanjang era pandemik. “Aku pertama kali mencoba menulis lagu ini sekitar dua tahun yang lalu, dan aku sangat senang sekaligus bersyukur bahwa lagu ‘Love Me Like You Say You Do’ ini bisa didengarkan oleh semua orang — setelah penantian yang cukup panjang,” ujar musisi muda kelahiran 8 Maret 2001 tersebut.

“Love Me Like You Say You Do” bukanlah kali pertama Abeliano menggarap sebuah lagu cinta. Beberapa tahun sebelumnya, musisi kelahiran Jakarta tersebut pernah menulis dan merilis dua balada romansa yang bertajuk “Now That You’re Gone” dan “CAN I”. Karya terbaru Abeliano yang bertajuk “Love Me Like You Say You Do” ini, tentunya, kembali mendemonstrasikan kemampuan sekaligus karakter khas Abeliano sebagai seorang penulis lagu. Terlepas demikian, Abeliano turut mengungkapkan bahwa terdapat sesuatu yang berbeda mengenai lagu “Love Me Like You Say You Do” ini.

“Terus terang saja, hubunganku di masa lalu turut menginspirasi lirik lagu ‘Love Me Like You Say You Do’,” lanjut Abeliano. “Persisnya, aku hendak menggambarkan perasaan kegelisahan dan kegusaran yang pernah aku alami bersama pasanganku pada kala itu. Aku meragukan sesungguhnya di mana ‘posisi’ aku di dalam hubungan tersebut.”

Menggarap karya musik beraliran pop-rock bukanlah tantangan yang mudah. Untungnya, dalam meracik aransemen dan produksi lagu “Love Me Like You Say You Do”, Abeliano dibantu oleh produser musik Indonesia yang bernama Diondjokoadi. Sebelum bekerja sama dengan Abeliano, Diondjokoadi pernah menggarap beberapa karya menggugah untuk musisi ragam genre seperti Uap Widya, Aruna Dawn, dan Harvey Christo. Dari segi vokal, Abeliano pun dipandu oleh Barsena Bestandhi yang pernah menjadi vocal director untuk para penyanyi pop kontemporer seperti Rossa dan Mahalini.

Terang Abeliano mengenai produksi musik lagu terbarunya tersebut: “Awalnya aku membayangkan lagu ‘Love Me Like You Say You Do’ dikemas dengan produksi yang akustik. Akan tetapi, berkat ide-ide dan masukan yang brilian dari Diondjokoadi, aku bisa menemukan bentuk aransemen dan produksi musik yang lebih tepat untuk menyampaikan emosi yang aku rasakan ketika aku menulis lagu tersebut.” Dari pandangan Diondjokoadi, Abeliano mampu menulis lagu yang mumpuni terlepas statusnya saat ini sebagai musisi pendatang baru.

“Aku rasa kekuatan utama Abeliano adalah bagaimana dia mampu membuat melodi yang sangatlah catchy,” puji Diondjokoadi untuk sang musisi. “Melodi lagu ‘Love Me Like You Say You Do’ ini terkesan familiar di telinga, namun, di saat bersamaan, memiliki kemampuan untuk langsung memperlihatkan seperti apa karakter Abeliano — tidak hanya sebagai seorang penyanyi, tetapi juga sebagai seorang penulis lagu.”

Terakhir dan tidak kalah penting, lagu “Love Me Like You Say You Do” ini turut membuka babak yang baru sekaligus krusial dalam perjalanan berkarya seorang Abeliano. Musisi muda yang turut mengagumi musisi pop-rock seperti Ed Sheeran, Shawn Mendes, dan Pamungkas tersebut berharap dia bisa semakin memperkenalkan jati dirinya sebagai seorang musisi kepada khalayak audiens musik Tanah Air.

“Untuk kedepannya, baik sebagai musisi maupun sebagai penulis lagu, aku berupaya untuk bercerita tentang segala sesuatu mengenai kehidupan — dan tidak sebatas apa yang terjadi dalam kehidupan aku sendiri,” tutup Abeliano.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini