Bursa Asia kurang darah, AS tetap solid

Eksposisi News – Tahun baru 2021 ini terasa aneh dalam perdagangan di lantai bursa, ada sejumlah alasan yang bisa mendasari kegelisahan pelaku pasar. Lanskap perdagangan Inggris – UE yang baru, ada juga peningkatan yang signifikan dalam tingkat infeksi Covid di Eropa dan prospek berbulan-bulan yang membayangi penguncian di Inggris, Jerman, Prancis dan Irlandia.

Hal ini menimbulkan suasana yang mengkhawatirkan pasar. Setidaknya saran terbaik yang dapat kami berikan adalah membantu Anda menyortir gandum dari sekam, di bawah ini kami akan melihat kekhawatiran nyata yang harus kami rencanakan dan apa yang tidak boleh kami lakukan. mengkhawatirkan diri kita sendiri di awal tahun baru ini.

Apa yang tidak perlu dikhawatirkan

1. Pemilu AS

Tersiar kabar bahwa beberapa senator Republik menolak untuk menyatakan kemenangan bagi Joe Biden dari Partai Demokrat dalam pemilihan Presiden, hal ini menyebabkan keributan di twitter, tetapi itu tidak akan mempengaruhi pasar keuangan atau mengganggu komunitas keuangan. Meskipun Wakil Presiden Mike Pence menyambut baik berita bahwa Senator Republik Ted Cruz menginginkan penundaan 10 hari pemungutan suara di senat untuk mendukung Biden sebagai Presiden untuk mengaudit tuduhan kecurangan pemilu yang meluas, kami pikir ini tidak akan berhasil.

Alasan mengapa para pedagang tidak perlu mengkhawatirkan hal ini, dan mengapa Tn. Cruz tidak mungkin menang, adalah karena jumlahnya tidak ada. Pertama, klaim penipuan pemilih tidak berdasar, kedua, pengadilan AS telah menolak 60 gugatan atas kemenangan Biden. Terakhir, penundaan apa pun akan membutuhkan pemungutan suara Senat, ini tidak mungkin berlalu karena sebagian besar Demokrat, dan beberapa Republik, akan sangat tidak mungkin untuk memilihnya.

Jadi, kami sangat berharap Senat akan mengesahkan Joe Biden pada 6 Januari, dan dia akan menjadi Presiden pada 20 Januari. Tanggal tersebut akan menjadi penting untuk pasar keuangan, karena kemungkinan besar akan menandai akhir dari volatilitas pasar yang disebabkan oleh tweet yang tidak menentu oleh Presiden pada jam-jam yang tidak biasa.

Kecenderungan Presiden Trump untuk tweet politik menyebabkan sejumlah “gangguan” pasar keuangan selama 4 tahun masa jabatannya, yang diharapkan akan menjadi sejarah akhir bulan ini. Karenanya, kami tidak berpikir bahwa dolar akan mulai bertindak seperti tempat berlindung yang aman dalam waktu dekat, dan meskipun oversold secara besar-besaran, kami masih mengharapkan penurunan dolar lebih banyak pada kuartal ini sekarang karena indeks dolar telah menembus pegangan 90,0.

2. Meningkatnya suku bunga

Banyak orang akan prihatin dengan kenaikan suku bunga karena negara-negara barat membebani hutang untuk melindungi ekonomi mereka dari kerusakan akibat virus Corona dan tahun kedua penguncian. Namun, ini menjadi masalah untuk satu tahun lagi, menurut kami.

Suku bunga di Inggris adalah 0,1%, terakhir di atas 1% pada tahun 2009. Kita telah hidup dengan suku bunga yang sangat rendah selama lebih dari satu dekade, ekonomi dunia berada dalam keadaan yang jauh lebih bermasalah sekarang daripada pada tahun 2009, pertumbuhan akan memakan waktu lebih lama untuk kembali dan mungkin ada resesi ganda untuk banyak negara di Triwulan ke-1, karena gelombang kedua Covid lebih agresif daripada yang direncanakan banyak pemerintah.

Hal ini membuat suku bunga rendah untuk jangka panjang, dan juga merupakan alasan mengapa risiko ekonomi terbesar di Inggris saat ini adalah bahwa Kanselir mematikan keran uang terlalu cepat, namun, kita harus menunggu sampai Anggaran berikutnya pada Maret ke-3 untuk mengetahui apakah Rishi Sunak akan membuat kesalahan ini. Pasar keuangan sepenuhnya mengharapkan suku bunga dan kebijakan fiskal tetap akomodatif untuk jangka panjang, inilah mengapa saham di AS menyelesaikan tahun 2020 pada rekor tertinggi, dan mengapa Bitcoin juga di atas $ 30.000 dan telah melonjak lebih dari $ 5.000 dalam seminggu.

Meskipun peningkatan ini tidak berkelanjutan, kami mengharapkan ada kemunduran, kami pikir Bitcoin dapat mendorong lebih tinggi. $ 100.000 pada akhir tahun 2021 adalah panggilan besar, tetapi menurut kami $ 50.000 pada musim panas adalah mungkin, terutama jika gelombang kedua Covid ini semakin parah sebelum vaksin Covid global diluncurkan dapat menghentikan virus.

3. Data ekonomi

Ini mungkin juga tidak perlu dikhawatirkan setidaknya dalam waktu dekat. Minggu ini dimulai dengan semburan rilis data dari Asia. Laporan manufaktur China untuk bulan Desember diperkirakan akan tetap stabil di 54,9, ini adalah angka yang layak mengingat apa yang sedang terjadi di dunia. Angka yang lebih tinggi kemungkinan akan memacu lebih banyak pengambilan risiko, karena ekspektasi pertumbuhan global untuk tahun ini bergantung pada kinerja China yang baik.

Manufaktur Inggris juga diperkirakan akan tetap stabil di level tinggi 57,3 untuk bulan lalu, dan di AS, laporan ISM manufaktur diperkirakan akan menunjukkan lonjakan pesanan baru, yang menjadi pertanda baik untuk pembacaan indeks di masa mendatang. Data yang lemah diharapkan mencakup penjualan ritel Zona Euro, karena peningkatan penguncian di seluruh blok pada bulan Desember, dan laporan Non-Farm Payroll AS.

Kita akan melihat ini secara lebih rinci akhir minggu ini, tetapi saat ini analis memperkirakan kenaikan gaji 100 ribu yang cukup suram untuk bulan lalu, dan tingkat pengangguran akan meningkat hingga 6,8%. Namun, gambaran ketenagakerjaan yang memburuk hanya membuat The Fed lebih cenderung mempertahankan suku bunga lebih rendah untuk waktu yang lebih lama, yang merupakan kabar baik untuk aset berisiko karena investor cenderung melanjutkan pencarian mereka untuk mendapatkan imbal hasil.

Apa yang perlu dikhawatirkan

1. Covid

Sejak awal Covid, kami telah mengatakan bahwa ada risiko gelombang kedua lebih ganas dan memiliki jumlah kematian lebih tinggi daripada gelombang pertama tahun lalu. Kami khawatir prediksi ini menjadi kenyataan.

Dasar kami untuk prediksi ini adalah pandemi flu Spanyol pada tahun 1918-1920. Saat itu gelombang kedua menewaskan lebih banyak orang secara keseluruhan, dan lebih banyak orang muda, sebelum penyakit kehilangan sebagian potensinya dan mati setelah gelombang ketiga pada tahun 1920. Meskipun ada beberapa laporan yang sangat menyesatkan tentang orang-orang muda yang dirawat di rumah sakit karena virus, yang sama sekali tidak kami setujui di Minerva, jika ada tanda-tanda bahwa orang yang lebih muda meninggal pada tingkat yang lebih tinggi pada gelombang kedua pandemi ini, di sini yang kami maksud adalah mereka yang berusia di bawah 60, maka kami akan berharap untuk melihat beberapa penghindaran risiko dan lonjakan menuju keselamatan surga.

Ini kemungkinan akan memicu rekor emas baru. Penting untuk mengamati emas bulan ini, kami pikir emas dapat terus melakukan pemulihan setelah reli untuk sebagian besar bulan Desember, yang bertepatan dengan gelombang kedua Covid berlangsung di barat. Emas telah reli $ 120 dalam sebulan terakhir dan siap untuk mencoba lagi di $ 1.950 sebelum $ 2.000 dalam beberapa minggu mendatang.

2. Pound

Sementara kami terus berpikir bahwa kehidupan di atas $ 1,40 mengundang, GBPUSD bisa tidak disukai jika: 1, tingkat infeksi di Inggris terus naik bahkan dengan putaran penguncian terbaru, 2, peluncuran vaksin ditunda atau melambat turun. Kita perlu mencapai ratusan ribu tertinggi dalam dua minggu ke depan agar GBPUSD benar-benar membuat traksi di atas $ 1,40. Saat ini, GBPUSD diperdagangkan di atas $ 1,3650, karena kabar baik tentang kesepakatan perdagangan Brexit terus masuk ke pasar FX.

Namun, saat ini terlihat sangat overbought. Kecuali Inggris dapat mengklaim kembali reputasinya yang compang-camping untuk menangani pandemi ini dengan peluncuran vaksin epik, maka bull GBP mungkin akan istirahat di paruh kedua bulan ini dan $ 1,40 bisa menjadi level resistensi yang sulit untuk ditembus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here