Sebanyak 465 mahasiswa dari 38 perguruan tinggi di Indonesia dikukuhkan sebagai penerima beasiswa Sobat Bumi Pertamina tahun 2023 pada Selasa (05/09/2023). (Foto. Dok. Pertamina Foundation)

Eksposisi News, Jakarta – PT Pertamina (Persero) turut andil dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia lewat program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Direktur SDM Pertamina Erry Sugiharto mengukuhkan 465 penerima beasiswa pada Selasa (05/09/2023).

Pada acara pengukuhan tersebut, hadir juga pekerja seni dan aktivis pendidikan Dian Sastrowardoyo, alumni penerima beasiswa yang kini menjadi Perwira di PT Pertamina Hulu Rokan, Adi Wawang Darmawan, dan Rektor Universitas Sunan Bonang Tuban Dr. Sulistyani Eka Lestari. 

Dalam sambutannya, Erry Sugiharto berpesan agar para penerima beasiswa bisa menjadi generasi unggul dan adaptif.

Hari ini saya nyatakan 465 mahasiswa-mahasiswi dari 38 perguruan tinggi di Indonesia sebagai Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi tahun 2023. Saya mengamanahkan kepada kalian, bahwa mengejar prestasi akademik adalah keharusan, namun jangan berhenti hingga di situ. Kalian harus memiliki inisiatif dan aksi nyata, berkontribusi dalam memitigasi perubahan iklim. Siapkan diri  kalian juga dengan berbagai keahlian teknis, kemampuan pengelolaan diri dan kepemimpinan untuk menjawab tantangan dan persaingan di masa depan,” ujar Erry.

Dian Sastrowardoyo mengapresiasi Beasiswa Pertamina Sobat Bumi karena punya andil mempersiapkan generasi muda agar memperoleh pendidikan yang baik dan siap membawa perubahan untuk negeri.

Saya percaya bahwa salah satu kunci kemajuan negeri ini ditentukan oleh kualitas pendidikan dan saya percaya bahwa semua pihak punya andil dan peran masing-masing untuk mewujudkannya. Karena itu, saya sangat mengapresiasi Pertamina melalui program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi ini. Sebuah kontribusi nyata untuk mempersiapkan generasi muda agar memperoleh pendidikan yang baik dan semoga adik-adik akan membawa perubahan dan menyalurkan energi kebaikan untuk negeri ini. Kalian harus bikin bangga Pertamina sebagai pemberi beasiswa dan ketika lulus nanti bawalah perubahan, bangun negeri ini menjadi lebih baik,” kata Dian.

Sejak dibuka pendaftarannya pada 20 Maret hingga 25 April, Beasiswa Pertamina Sobat Bumi disambut antusias oleh 10.121 mahasiswa yang mendaftarkan diri. Kemudian, terdapat sejumlah tahapan seleksi, antara lain seleksi administrasi, wawancara, dan focus group discussion (FGD) hingga akhirnya terpilih penerima beasiswa.

Dalam beasiswa ini, para penerima mendapatkan bantuan biaya SPP atau UKT, biaya hidup bulanan, dan biaya green action bertajuk Aksi Sobat Bumi untuk mereka melakukan aksi pelestarian lingkungan. Mereka juga menerima biaya pagelaran budaya untuk membuat pentas seni khas daerah universitasnya masing-masing.

Serial pengembangan kapasitasterkait tentang energi baru terbarukan dan pemberdayaan masyarakat serta persiapan untuk dunia kerja juga diberikan kepada penerima. Tahun ini, akan diadakan kompetisi di mana penerima ditantang untuk membuat proposal embrio inovasi energi dan program pemberdayaan masyarakat. Masuk ke dalam ekosistem Pertamina, mereka akan terlibat dalam aktivitas Pertamina Grup, seperti voluntary days, aktivasi desa energi berdikari, dan program-program lainnya.

Dalam acara pengukuhan, 465 mahasiswa mengenakan aksesoris ramah lingkungan, baik dari daur ulang sampah maupun tanaman-tanaman. Hal ini sejalan dengan pernyataan mereka dalam Ikrar Sobat Bumi dengan berkomitmen untuk melestarikan lingkungan, bertekad untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, turut serta memberdayakan masyarakat dan mengamalkan iptek untuk mewujudkan ekonomi berkelanjutan.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi menjadi bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT Pertamina (Persero) yang mendukung poin SDGs ke-4, pendidikan berkualitas, yang sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance. Terima kasih kepada 38 perguruan tinggi dari Sumatra hingga Papua yang berperan aktif dalam proses seleksi beasiswa. Untuk para penerima, saya berpesan tanamkan dalam hati bahwa hari ini saya menerima beasiswa, besok lusa saatnya saya yang memberi beasiswa. Giving back to the country and the nation,” ucap Agus Mashud S. Asngar selaku Presiden Direktur Pertamina Foundation.

Dr. Sulistyani mewakili mitra perguruan tinggi Beasiswa Pertamina Sobat Bumi mengucapkan terima kasih atas beasiswa yang diberikan. “Kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pertamina yang telah memberikan beasiswa ini. Banyak yang antusias karena beasiswa ini istimewa, tidak hanya memberikan uang tetapi juga membangun soft skills dan meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan,” ujar Sulistyani.

Adi Wawang yang saat ini menjadi Manager Government Relations PT Pertamina Hulu Rokan mengajak penerima untuk memaksimalkan kesempatan yang diberikan. ”Dengan menjadi  penerima beasiswa ini, saatnya kalian mengembangkan kapasitas diri, aktif di organisasi tentunya, aktif pada setiap kegiatan sobat bumi. Sebab dalam kegiatan tersebut kalian akan dipupuk sisi kepemimpinannya dan menambah jaringan tentunya. Jaringan alumni penerima Beasiswa Pertamina itu tersebar di seluruh indonesia bahkan sampai mancanegara,” kata Adi.

Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi tahun 2023 asal Universitas Sriwijaya, Alyatisa menyatakan harapannya sebagai penerima. “Semoga kami para penerima bisa menjaga amanah yang telah diberikan oleh Pertamina untuk selalu bersinergi melaksanakan program untuk masyarakat dan lingkungan serta siap untuk mendukung dan terlibat dalam program-program Pertamina,” ujar Alyatisa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini