EKSPOSISI, Bogor – Meskipun bukan dari Aceh, Rudy Octave yang merupakan pianis asal Majalengka ini nekat membuka tempat makan dengan sajian khas Aceh. Sebagai pemegang rekor MURI bermain piano selama 14 jam nonstop, ia telah merambah dunia kuliner sejak beberapa tahun terakhir ini.

Sebelumnya, Rudy bahkan telah meluncurkan lini usaha kuliner, Cafe Nine Damara pada Januari 2021 di Jalan Mandala Raya, Ciparigi, Bogor Utara. Kemudian mendirikan usaha Stasiun Jamu Parampah di Jakarta Selatan pada April 2022. Hal ini dilakukannya sebagai wujud kecintaannya terhadap sesuatu yang etnik, baik di bidang musik, budaya, dan kuliner.

Bisnis pariwisata dewasa ini memang sudah tidak bisa di pisahkan antara budaya seni musik serta tutur tradisi dengan kuliner otentik. Hal ini pula yang dimanfaatkan oleh Rudy Octave, ilustrator musik untuk drama, teater, sinetron, iklan, dan film layar lebar yang pernah menempun pendikan di Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Di Cafe Nine Damara Bogor ada sejumlah menu khas Aceh seperti Mie aceh, Nasi Goreng Aceh dan kopi Aceh Gayo. Untuk menjaga keaslian rasa, sejumlah bumbu harus didatangkan langsung dari Banda Aceh, ujar Rudy Octave pada Rabu (19/07/2023).

Demi menambah pengalaman bagi para konsumen Cafe Nine Dimara, selain merasakan sajian kulinernya, para konsumen dapat melihat peragaan bagaimana menyangrai atau roasting kopi Aceh Gayo. Teknik sangrai yang dipergunakan masih mempertahankan tembikar atau kendi yang terbuat dari tanah liat sebagai bejana roasting. Proses roasting biji kopi Gayo Aceh ini merupakan kerja sama antara Café Nine Damara dengan Kendi Ireng, yang merupakan pemasok dan roaster kopi asal Gayo, Aceh dari Jakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini