Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., Kepala Divisi Pelayanan Beasiswa LPDP Gendro Hartono, S.E, M.M., bersama Ratusan Penerima Beasiswa LPDP UGM. (Sabtu 23/09/2023). (Dok. Humas UGM)

Kelurahan LPDP UGM Bahagia menyelenggarakan Welcoming Awardee di Auditorium Fakultas Hukum UGM pada Sabtu (23/09/2023) dengan mengundang Gendro Hartono, S.E, M.M. yang merupakan Kepala Divisi Pelayanan Beasiswa LPDP dan Aliffa Milanisty, S.Psi., awardee berprestasi LPDP UGM, menjadi pemateri pada acara ini. Acara yang dihadiri lebih dari lebih dari 400 audien ini dibuka langsung oleh Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., selaku Rektor UGM.

“UGM merupakan salah satu perguruan tinggi dengan program studi terbanyak dan beragam, seperti bidang ilmu sosial, ilmu alam, hukum, teknik, hingga kedokteran spesialis. Ini membuat lulusan UGM tersebar di mana-mana dan di berbagai sektor. Setiap saya berkunjung ke suatu daerah, baik di Indonesia maupun di luar negeri, saya selalu bertemu lulusan UGM yang guyup, rukun, dan migunani” ujar Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., selaku Rektor UGM saat melakukan sambutan.

1 dari 10 Mahasiswa Pascasarjana UGM adalah Penerima Beasiswa LPDP 1
Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D. saat Melakukan Sambutan dalam Acara Welcoming Awardee LPDP UGM 2023 (Dok. Humas UGM)

Berdasarkan UGM Dalam Angka pada Februari 2023, dari total 61.440 mahasiswa UGM terdapat 25% mahasiswa pascasarjana, yakni 15.360 mahasiswa pascasarjana di UGM. Sementara data dari LPDP RI terdapat 2.144 mahasiswa penerima beasiswa LPDP di UGM yang on going dari total akumulasi 4.648 awardee dan alumni LPDP UGM.

Haqqi Hidayatullah selaku lurah LPDP UGM Bahagia mengatakan “Setidaknya lebih dari 10% atau 1 dari 10 mahasiswa pascasarjana UGM adalah penerima beasiswa LPDP, maka peran dan kontribusi awardee LPDP UGM ini sangat diperlukan guna mendukung kemajuan UGM dan nusantara”

Data dari LPDP RI pada Juli 2023 menunjukan bahwa UGM menjadi kampus terfavorit nomor 1 tujuan dalam negeri penerima beasiswa LPDP dengan 4.253, disusul dengan UI dengan 2.857, ITB dengan 1.974, IPB dengan 1.306, dan UPI dengan 972 penerima manfaat beasiswa.

Pada acara ini Gendro Hartono, S.E, M.M., Kepala Divisi Pelayanan Beasiswa LPDP RI, menyampaikan sosialisasi terkait kebijakan-kebijakan baru beasiswa LPDP. Sementara, Aliffa Milanisty, S.Psi. memaparkan materi terkait how to study-life balance.

Acara ini ditutup dengan pementasan drama musikal terkait perjuangan seorang penerima beasiswa LPDP, mulai dari pendaftaran, restu orang tua, hingga perjalanannya selama menjadi penerima beasiswa yang tidak mudah. Penampilan ini memberikan sebuah pesan pengingat untuk selalu pulang, kembali ke rumah, kembali berkontribusi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini